Kepemimpinan Kepala Sekolah, Supervisi Akademik, dan Motivasi Kerja dalam Meningkatkan Kinerja Guru

  • Hardono Hardono Prodi Manajemen PendidikanPascasarjana Universitas Negeri Semarang
  • Haryono Haryono Prodi Manajemen PendidikanPascasarjana Universitas Negeri Semarang
  • Amin Yusuf Prodi Manajemen PendidikanPascasarjana Universitas Negeri Semarang

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, supervisi akademik terhadap motivasi kerja dan kinerja baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini juga menguji pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan supervisi akademik terhadap kinerja melalui motivasi kerja. Jenis penelitian yang digunakan adalah korelasional dengan alat pengumpulan data menggunakan kuesioner, dan teknik analisis yang digunakan adalah validitas, reliabilitas, analisis regresi dan path analisis.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai F test (51,172) dengan tingkat signifikan (0,000) < 0,05. Penelitian ini lebih lanjut akan membuktikan peningkatan kinerja guru melalui kepemimpinan kepala sekolah, superviai akademik melalui motivasi kerja.

Published
2017-08-12
How to Cite
Hardono, H., Haryono, H., & Yusuf, A. (2017). Kepemimpinan Kepala Sekolah, Supervisi Akademik, dan Motivasi Kerja dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Educational Management, 6(1), 26-33. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eduman/article/view/16460
Section
Articles