Efek Mediasi Kecerdasan Emosi pada Pengaruh Supervisi Kolaboratif dan Kepemimpinan Terhadap Perilaku Inovatif Guru

  • Moh Taoefik SMAN 2 Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, Indonesia.
  • Fakhruddin Fakhruddin Prodi Manajemen PendidikanPascasarjana Universitas Negeri Semarang
  • Partono Thomas Prodi Manajemen PendidikanPascasarjana Universitas Negeri Semarang

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kreatifitas guru dengan persentase rata-rata 1,73% melalui lomba inovasi pembelajaran di kabupaten Lombok Barat. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efek mediasi kecerdasan emosi pada pengaruh supervisi kolaboratif pengawas sekolah dan  kepemimpinan kepala sekolah terhadap perilaku inovatif guru. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain ex-post facto. Hasil pengujian pada taraf signifikansi 5% diperoleh hasil  bahwa supervisi kolaboratif pengawas sekolah  tidak berpengaruh positif terhadap perilaku inovatif guru dengan nilai β = -0,067. Kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh positif terhadap perilaku inovatif guru dengan nilai β = 0,114. Kecerdasan emosi guru berpengaruh positif terhadap perilaku inovatif guru dengan nilai β = 0,686 dan p-value sebesar < 0,001. Supervisi kolaboratif pengawas sekolah  dan kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh positif terhadap kecerdasan emosi guru dengan masing -masing nilai β = 0,194 dan β = 0,186. Supervisi kolaboratif pengawas sekolah dan kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh positif terhadap perilaku inovatif guru melalui kecerdasan emosi guru dengan masing-masing nilai β = 0,132 dan β = 0,127 dan p-value sebesar < 0,05. Hasil penelitian ini menyimpulkan kecerdasan emosi guru berperan sebagai mediator untuk meningkatkan perilaku inovatif guru.

Published
2017-08-12
How to Cite
Taoefik, M., Fakhruddin, F., & Thomas, P. (2017). Efek Mediasi Kecerdasan Emosi pada Pengaruh Supervisi Kolaboratif dan Kepemimpinan Terhadap Perilaku Inovatif Guru. Educational Management, 6(1), 71-79. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eduman/article/view/16466
Section
Articles