INTEGRASI PENDIDIKAN SAFETY RIDING DALAM MATA PELAJARAN PPKn SEBAGAI UPAYA PENDIDIKAN SADAR LALU LINTAS ( STUDI KASUS SMK PGRI 1 TAMAN PEMALANG )

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Natal Kristiono

Abstract

Abstract


Lack of traffic awareness causes problems in its implementation. The purpose of this research was to familiarize the orderly traffic community. This research uses interview techniques with the location of this study is the SMK Pemri 1 Taman Pemalang, Abdul Wahid Hasyim street No. 4 South Wanarejan. The efforts taken by Taman PGRI 1 Taman in instilling safety riding education are the application of integrated curriculum on traffic material in Civic learning, the separation between car and motorbike parking lots, the existence of PKS. Supporting factors for the implementation of safety riding education are the existence of policies that provide full support, the socialization that is often carried out by students and STP2K.


 


Abstrak


Kurangnya kesadaran berlalu lintas menimbulkan masalah di dalam pelaksanaannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk membiasakan masyarakat tertib lalu lintas. Penelitian ini menggunakan teknik wawancara dengan lokasi penelitian ini adalah SMK PGRI 1 Taman Pemalang, Jalan Abdul Wahid Hasyim No 4 Wanarejan Selatan. Upaya yang ditempuh oleh SMK PGRI 1 Taman dalam menanamkan pendidikan safety riding yaitu penerapan kurikulum tentang materi lalu lintas yang terintegrasi dalam pembelajaran PPKn, adanya pemisahan antara tempat parkir mobil dan motor, adanya PKS. Faktor pendukung pelaksanaan pendidikan safety riding yaitu adanya kebijakan yang memberikan dukungan penuh, adanya sosialisasi yang sering dilakukan oleh kesiswaan dan STP2K.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##