Abstract

Banyak pendidik sering menitikberatkan bahwa ilmu kimia adalah suatu produk dan bukan diartikan sebagai sebuah proses dan sikap ilmiah. Akibatnya dalam melaksanakan proses pembelajaran seringkali terpusat hanya kepada guru. Pandangan tersebut menyebabkan kurang maksimalnya kemampuan siswa dalam melatihkan keterampilan proses dan psikomotor yang dimilikinya. Salah satu solusi yang dapat menggambarkan ilmu kimia sebagai produk dan proses adalah dengan melatihkan keterampilan proses sains pada siswa seperti diadakannya praktikum. Namun, di tengah pandemic COVID-19 ini proses praktikum tidak dapat terlaksana dengan maksimal karena keterbatasan alat yang ada di rumah siswa masing-masing. Untuk mengatasi masalah tersebut penulis memberikan solusi yaitu menggunakan kit praktikum  pada saat praktikum selama pandemi COVID-19. Penggunaan kit praktikum ini dibantu dengan video tutorial untuk membantu siswa agar siswa tidak merasa kebingungan saat melaksanakan praktikum di rumah masing–masing. Video tutorial interaktif ini didesain sebaik mungkin agar siswa dapat memahami langkah-langkah yang harus dilakukan pada saat praktikum.