Strategi Penanganan Konflik di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Enung Mulyati
Uman Suherman
Ahman Ahman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang: 1) Sumber-sumber konflik; 2) Jenis-jenis konflik; dan 3) Strategi penanganan konflik. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan penelitian fenomenologi. Subjek penelitian terdiri atas kepala sekolah dan para guru. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data mengunakan triangulasi. Hasil penelitian memberikan gambaran sebagai berikut: 1) Sumber-sumber konflik terdiri dari faktor komunikasi, struktur organisasi, serta faktor manusia; 2) Jenis-jenis konflik meliputi konflik dalam diri sendiri, konflik antar individu, konflik antar kelompok; dan 3) Strategi penanganan konflik melalui proses kolaborasi, akomodasi, dan kompromi.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Mulyati, E., Suherman, U., & Ahman, A. (2021). Strategi Penanganan Konflik di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 10(2), 01-12. https://doi.org/10.15294/ijgc.v10i2.53137

References

Anggraini, D. A., Sofah, R., & Hakim, I. A. (2016). Manajemen konflik intrapersonal dalam bidang akademik siswa kelas viii di smp negeri 1 indralaya selatan (Doctoral dissertation, Sriwijaya University).
Arikunto. S (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 120-123..
Fathoni, A., Muhibbin, A., Wariso. (2013). Pengelolaan Konflik Kinerja Guru (Studi Situs SMP Negeri 7 Klaten). Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, Vol. 23, No. 1,: 59-70 Juni 2013.
Iordanides, George and Mitsara, Sotiria. (2014). Consequences of Conflict in the Functioning of Primary Schools in Greece. Jurnal Internasional ISEA. Volume 42, Number 2, 2014.
Khofiannida, I., & Hardjanta, G. (2018). Perbedaan konflik intrapersonal ditinjau dari status pekerjaan pada ibu. Intuisi: Jurnal Psikologi Ilmiah, 4(1), 12-18.
Laili, Z. (2017). Upaya peningkatan mutu sumber daya manusia di madrasah melalui manajemen konflik (studi kasus di madrasah aliyah negeri kabupaten pati) (doctoral dissertation, stain kudus).
Muliati, I. (2016). Manajemen Konflik dalam Pendidikan Menurut Perspektif Islam. TINGKAP, 12(1), 39-52.
Nuryati, Issufiah D. (2012). Manajemen Konflik di SDN Cemara Dua No. 13 Surakarta. Jurnal Magister Manajemen Pendidikan. Vol. 7, Juli 2012.
Puspita, W. (2018). Manajemen Konflik: Suatu Pendekatan Psikologi, Komunikasi, dan Pendidikan. Deepublish.
Rifai, F. Y. A., Widayat, W., & Zulkifli, Z. (2016). Manajemen konflik di sekolah menengah kejuruan ma’arif kota mungkid (doctoral dissertation, stie widya wiwaha).
Shamoradi, Seyedeh N. at al. (2014). Studying The Effect Of Emotional Intelligence On Conflict Management Styles. Kuwait Bab Arabian Jurnal Bisnis dan Manajemen. Vol Ulasan 4, No.1, Bulan September 2014.
Siddiq, M., & Salama, H. (2019). Etnografi Sebagai Teori Dan Metode. Kordinat: Jurnal Komunikasi antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 18(1), 23-48.
Supiah. (2008). Perilaku Organisasional. Yogyakarta: Andi Offset.
Sutama. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D. Gumpang Kartasura: Fairuz Media.
Usboko, Wilibrordus C. at al. (2013). Manajemen Konflik Interpersonal di Sekolah (Studi Multi Kasus di SMA Negeri 1 Kefamenanu dan SMAK Warta Bakti Kefamenanu, Timor, NTT).
Wahab, Abdul Azis. (2011). Anatomi Organisasi dan Kepemimpinan Pendidikan (Telaah Terhadap Organisasi dan Pengelolaan Organisasi Pendidikan). Cetakan Kedua. Bandung: Alfabeta.
Wirawan. (2013). Konflik dan Manajemen Konflik. Teori, Aplikasi, dan Penelitian. Jakarta: Salemba Humanika.