Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama Terhadap Interaksi Sosial dengan Teman Sebaya

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Wawan Widhianto
Sugiyo Sugiyo

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena yang terjadi pada siswa kelas VII G SMP N 1 Buayan yang memiliki kurangnya dalam interaksi sosial dengan teman sebaya. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh bimbingan kelompok terhadap interaksi sosial dengan teman sebaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuh kali pemberian perlakuan pada siswa kelas VII G SMP N 1 Buayan, dengan subjek penelitian 10 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala interaksi sosial dengan teman sebaya. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif presentase dan uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan interaksi sosial dengan teman sebaya pada katagori sedang dengan persentase (66%). Setelah diberikan perlakuan melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama terjadi peningkatan interaksi sosial dengan teman sebaya pada kategori tinggi (81%). Hal tersebut menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama berpengaruh terhadap peningkatan interaksi sosial dengan teman sebaya.


This study was conducted based on the phenomenon that occurs in class VII G SMP N 1 Buayan who have a lack of social interaction with peers. The purpose of this study was to determine Is sociodramas technique group guidance services have an influence on the improvement of social interaction with peers to. This type of research is experimental research. Experimental research is research used to search for a specific treatment effect. This research was conducted with seven times the provision of treatment in class VII G SMP N 1 Buayan, with research subjects 10 students. Data collection method used is the scale of social interaction with peers. Data were analyzed using descriptive analysis of the percentage and the Wilcoxon test. The results show the social interaction with peers in the medium category with a percentage (66%). After being given a treatment through group counseling services with sociodramas technique increased social interaction with peers in the high category (81%). This shows that the groups with technical guidance services sociodramas affect the increased social interaction with peers.


 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Widhianto, W., & Sugiyo, S. (2015). Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama Terhadap Interaksi Sosial dengan Teman Sebaya. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 4(4). https://doi.org/10.15294/ijgc.v4i4.8833

References

Basrowi. 2006. Pengantar Sosiologi. Bogor : Ghalia Indonesia Burhanudian,

Yusak. 1999. Kesehatan Mental. Bandung: CV. Pustaka Setia Hamalik, O. 2004. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Hurlock, E. B. (1980). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan, Edisi 5. Jakarta: Erlangga.

Soekanto, Serjono. 2006. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta : Rajawali Pers.

Sukardi, Dewa Ketut. 2002. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. Jakarta : Rineka Cipta.

Winkel & Sri Hastuti. 2012. Bimbingan Dan Konseling Di Intitusi Pendidikaan. Jakarta : PT. Gramedia.