Pengembangan E-Modul Pembelajaran dan E-Jobsheet Sistem Penerangan Mobil Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Teknik Kendaraan Ringan
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kelayakan e-modul dan ejobsheet, tingkat kontribusi penggunaan e-modul dan e-jobsheet, dan tanggapan siswa terhadap e-modul dan e-jobsheet yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan. Model penelitian adalah Research and Development (R&D). Penelitian ini menggunakan Pre-Experimental Designs dengan model One Grup Pretest-Posttest Design. Hasil uji kelayakan ahli media diperoleh persentase sebesar 89%, ahli materi sebesar 81%, keduanya memperoleh kriteria sangat layak. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar uji kompetensi siswa dengan nilai rata-rata pretest dan posttest sebesar 25,89%. Hasil analisis uji-t diperoleh thitung sebesar 14,337 dan ttabel 2.042 (thitung> ttabel), berarti ada perbedaan hasil belajar signifikan. Terdapat konstribusi efektif penggunaan e-modul dan e-jobsheet sistem penerangan yang signifikan terlihat dari uji n-gain diperoleh rata-rata sebesar 0,47 yang termasuk dalam kategori “sedangâ€. Analisis tanggapan siswa diperoleh persentase sebesar 85,39% termasuk kriteria sangat baik.