KEGIATAN SIMPAN PINJAM PEREMPUAN DALAM MENINGKATKAN KEBERDAYAAN MASYARAKAT DESA KEMLOKO KABUPATEN GROBOGAN

  • Tri ‘Ulya Qodriyati Jurusan Pendidikan Luar Sekolah fakultas Ilmu Pendidikan Univesitas Negeri Semarang
  • Fakhruddin Fakhruddin Jurusan Pendidikan Luar Sekolah fakultas Ilmu Pendidikan Univesitas Negeri Semarang
Keywords: Pemberdayaan Masyarakat, Simpan Pinjam Perempuan, PNPM- MPd.

Abstract

Abstrak. Hasil penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kegiatan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MPd) pada tahun 2015, bentuk kegiatan Simpan Pinjam Perempuan (SPP) dan indikator peningkatan pemberdayaan ekonomi anggota SPP di Desa Kemloko Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Subyek penelitian 6 pemanfaat SPP, kader pemberdaya masyarakat dan desa pemberdayaan (KPMDP) sekaligus ketua SPP, ketua tim pelaksana kegiatan (TPK), ketua unit pengelola kegiatan (UPK) dan Kepala Desa Kemloko. Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi data dan metode. Teknik analisis data adalah deskriptif kualitatif dengan tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan kegiatan SPP sejak tahun 2014 hingga 2015 tetap berjalan sebagai keberlanjutan aset PNPM Mandiri Perdesaan. Bentuk kegiatan SPP berupa peminjaman, melakukan usaha, pengembalian dan pengembangan. Kemandirian ekonomi masyarakat meliputi indikator pendapatan, kepemilikan dan biaya pendidikan.

 

Abstract. The results of this study aims to describe the types of activities of the National Program, Rural Community Empowerment (PNPM-MPD) in 2015, forms the SPP activity and an indicator of increased economic empowerment of members of the women's credit (SPP) in the Village District of Godong Kemloko Grobogan. This study used a descriptive qualitative approach, techniques of data collection is done by means of interviews, observation and documentation. The subjects of the study 6 beneficiaries SPP, cadre of community empowerment and rural empowerment (KPMDP) and chairman of the SPP, chairman of the implementation team (TPK), chairman of the management unit of activity (UPK) and Village Heads Kemloko. The validity of the data used is triangulation of data and methods. The data analysis technique is descriptive qualitative phase of data collection, data reduction, presentation and conclusion. The results of this study show 2014 Village Kemloko only get funds from PNPM Rural SPP 2015 SPP continues to run as an asset sustainability PNPM Mandiri. Form of tuition in the form of lending activities, conduct business, returns and development. Community economic independence include indicators of income, ownership and education costs.

References

Budiman, Ahmad R. 2011. Analisis Satuan Biaya Pendidikan Mahasiswa Universitas Negeri Malang. Skripsi. Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Genius. 2013. Partisipasi Masyarakat Dalam Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan (Pnpm-Mp) Di Kelurahan Tembeling Tanjung Kecamatan Teluk Bintan Kabupaten Bintan Tahun 2011

Purnomo, Agung T. 2013. Partisipasi Masyrakat Dalam Pemberdayaan Melalui Program PNPM Mandiri Perkotaan Di Kelurahan Sekaran Kecamatan Gunungpati Kota Semarang, Semarang

Widayati, S. 2013. Pemberdayaan Ekonomi Melalui Dana Bergulir PNPM Mandiri Bagi Kelompok Simpan Pinjam Perempuan Di Desa Sraten Kabupaten Semarang Jurnal Ilmiah Inkoma, Volume 24, Nomor 1, Februari 2013

. 2012. Kajian Tata Kelola PNPM Perdesaan: Analisa di Tingkat Masyarakat (Mei 2012), Kementerian PPN/ Bappenas

. 2013. PNPM Mandiri Paket Informasi 2012 – 2013, Jakarta

. 2014. PNPM Mandiri Information Kit 2014, Jakarta: Sekretariat Pokja Pengendali PNPM Mandiri Management Working Group

Published
2016-06-27
How to Cite
Qodriyati, T., & Fakhruddin, F. (2016). KEGIATAN SIMPAN PINJAM PEREMPUAN DALAM MENINGKATKAN KEBERDAYAAN MASYARAKAT DESA KEMLOKO KABUPATEN GROBOGAN. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 5(1). https://doi.org/10.15294/jnece.v5i1.11221
Section
Articles