Teknik Identifikasi Program Paket C dalam Meningkatkan Keterampilan Fungsional Warga Belajar

  • Ahmad Syahid Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP - Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Tujuan penelitian ini menganalisis tentang teknik identifikasi kebutuhan belajar program Paket C, dan peningkatan keterampilan fungsional warga belajar Paket C di PKBM Buana Mekar. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus untuk mendeskripsikan pembelajaran kewirausahaan untuk pemberdayaan kelompok pemuda produktif. Subyek penelitiannya satu orang pengelola PKBM, satu orang tutor dan tiga orang warga belajar Paket C. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumentasi. Tahapan penelitian melalui tahap: orientasi, eksplorasi, dan member check. Analisis data menggunakan model interaktif melalui langkah-langkah: koleksi data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menyimpulkan tujuan identifikasi program Paket C untuk menyusun kebutuhan belajar, perencanaan, proses, penentuan waktu, penyediaan sarana, dan media pembelajaran. Teknik identifikasi menggunakan Kartu SKBM, wawancara, angket, observasi, pertemuan kelompok, dan teknik indikator sosial. Hasil pembelajaran Paket C berbasis keterampilan fungsional menekankan pada pengembangan pengetahuan, sikap dan keterampilan kewirausahaan.

Published
2017-06-30
How to Cite
Syahid, A. (2017). Teknik Identifikasi Program Paket C dalam Meningkatkan Keterampilan Fungsional Warga Belajar. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 1(1), 18-25. https://doi.org/10.15294/jnece.v1i1.14792
Section
Articles