Model Desain Pembelajaran Pendidikan Kesetaraan Kejar Paket C di Satuan Pendidikan Nonformal Kota Semarang

  • M. Muarifuddin Gedung A2 Lantai 2 Jurusan PLS FIP UNNES Kampus Sekaran Gunungpati Semarang 50229
  • Ferry Wahyu Prasetyo Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang
  • Nurul Puspita Sari Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah mendeskripsikan desain kompetensi hasil belajar, materi, metode, media, sumber belajar, analisis diagnosis kebutuhan belajar, dan menentukan model konseptual desain pembelajaran kejar paket C di satuan pendidikan nonformal Kota Semarang. Penggunaan pendekatan penelitian kualitatif diharapkan dapat menjawab tujuan dari penelitian. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara tertutup sebagai perolehan data primer, dan teknik observasi serta dokumentasi sebagai data yang digunakan untuk triangulasi dalam keabsahan data. Analisis data menggunakan Model Interaktif sebagaimana Miles & Hubberman (1994) yang mencakup pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menyimpulkan.

Published
2018-12-28
How to Cite
Muarifuddin, M., Prasetyo, F., & Sari, N. (2018). Model Desain Pembelajaran Pendidikan Kesetaraan Kejar Paket C di Satuan Pendidikan Nonformal Kota Semarang. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 2(2). https://doi.org/10.15294/jnece.v2i2.26835