ANALISIS KONTRASTIF BAHASA INDONESIA DAN BAHASA ARAB BERDASARKAN KALA, JUMLAH, DAN PERSONA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Miftahur Rohim

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsi perbedaan bentuk kosakata bahasa Indonesia dan bahasa Arab berdasarkan kala, jumlah, dan persona. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah sinkronis kontrastif. Kemudian, penelitian ini didasarkan pada tiga tahap, yaitu (1) tahap penyediaan data, (2) tahap analisis data, dan (3) tahap penyajian hasil analisis data. Data penelitian ini adalah kosakata yang diduga menunjukkan makna kala, jumlah, dan persona dalam bahasa Indonesia dan bahasa Arab. Hasil penelitian berupa perbedaan bentuk kosakata bahasa Indonesia dan bahasa Arab berdasarkan kala, jumlah, dan persona. Pada tataran kala terdapat perbedaan kala lampau, kala sekarang, dan kala akan datang. Pada tataran jumlah terdapat perbedaan jumlah singularis dan jumlah pluralis. Kemudian, pada tataran persona terdapat perbedaan persona orang pertama, persona orang kedua, dan persona orang ketiga..

The purpose of this research is to descibe the different form of vocabulary both Indonesien language and Arabic language based on tenses, amount, and person. This research has used synchronic contrastive. Then, this research based on three steps, they are (1) providing data, (2) data analysis, and (3) the presentation of data results. Data of this research is vocabulary that will shows the meaning of tense, amount, and person in Indonesian and Arabic language. The result of this research, there are different form of their vocabulary both of Indonesian and Arabic language based on tenses, amount, and person. At level of tenses, there are past tense, present tense, and future tense. At level of amount, there are amount of singularis and amount of pluralist. Then at level of person, there are first person, second person, and third person

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Chaer, Abdul. 1994. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
Djajasudarma, Fatimah. 1993. Metode Linguistik: Ancangan Metode Penelitian dan Kajian. Bandung: Eresko.

Kridalaksana, Harimurti. 1983.Kamus Linguistik. Jakarta: PT. Gramedia.

Lyons, John. 1995. Pengantar Teori Linguistik. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Nugraha, Tubagus Chaeru. 2005. Urutan Kata Klausa Verbal Deklaratif Bahasa Arab dan Padanannya dalam Bahasa Indonesia: Kajian Struktur dan Semantik. Tesis. Bandung: Program Pascasarjana Universitas Padjajaran Bandung.

Nurhadi. 1995. Tata Bahasa Pendidikan: Landasan Penyusunan Buku Pelajaran Bahasa. Semarang: IKIP Semarang Press.

Sudaryanto. 1986. Metode Linguistik: Bagian Pertama ke Arah Memahami Metode Linguistik. Yogyakarta: Gadjah Mada Press.

Sudaryanto. 1988. Metode Linguistik: Bagian Kedua dan
Aneka Teknik Pengumpulan Data. Yogyakarta: Gadjah Mada Press.

Sudaryanto. 1993. Metode dan Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.Citra Pustaka.Jakarta: PT Gramedia.