Ragam Bahasa Anak Tunarungu dalam Interaksi Sosial di SLB Negeri Ungaran

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Vivi Kurniawati
M Badrus Siroj

Abstract

SARI


Bahasa adalah sistem lambang yang dipahami oleh semua penutur bahasa tersebut. Penggunaan bahasa oleh penutur diwujudkan dalam sistem lambang yang telah disepakati di masyarakat. Meskipun telah disepakati bersama, praktik penggunaan bahasa dapat menjadi beragam Hal tersebut memunculkan ragam bahasa. Terjadinya keragaman bahasa tidak hanya disebabkan oleh penuturnya yang tidak homogen tetapi juga interaksi sosial yang beragam. Keberagaman bahasa ini terjadi pula pada pemakaian bahasa anak-anak tunarungu dalam interaksi sosial di SLB Negeri Ungaran.


Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana bentuk ragam bahasa anak tunarungu dalam interaksi sosial di SLB Negeri Ungaran? dan (2) apa sajakah faktor-faktor yang mempengaruhi ragam bahasa anak tunarungu dalam interaksi sosial di SLB Negeri Ungaran? Tujuan penelitian ini meliputi (1) mendekripsikan bentuk ragam bahasa anak tunarungu dalam interaksi sosial di SLB Negeri Ungaran dan (2) mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi ragam bahasa anak tunarungu dalam interaksi sosial di SLB Negeri Ungaran


Hasil penelitian menunjukkan bahwa ragam yang digunakan dalam interaksi sosial anak-anak tunarungu kelas V dan VI meliputi ragam resmi, ragam usaha, dan ragam santai. Penggunaan ragam bahasa oleh anak-anak tunarungu kelas V dan VI dalam interaksi sosial di lingkungan sekolah dipengaruhi oleh (1) faktor topik, (2) situasi, (3) partisipan, dan (4) tujuan.


Kata kunci: Ragam Bahasa, Anak Tunarungu, Sosiolinguistik


 


ABSTRACT


Language is a symbolic system that is understood by all speakers of that language. The used of language by speakers is ealized in the symbol system that has been agreed upon by the community. Although it has been mutually agreed upon, the practice of using language can be diverse. This raises a variety of languages. The diversity of languages is not only brought about by nonhomogeneous speakers but also by diverse social interactions. This diversity of languages also occurs in the use of language of children who are deaf in social interaction ini SLB Negeri Ungaran.


The problems examined this study are (1) how the various languages of deaf children in social interaction in SLB Negeri Ungaran ? and (2) What are the factors that the influence the variety  of languages of deaf chidern in social interaction in SLB Negeri Ungaran. The purpose of this study includes (1) describe the variety language of children who are deaf in social interactions in SLB Negeri Ungaran (2) describe the factors that influence the variety of languages osf deaf children in social interactions in SLB Negeri Ungaran.


The result of the study indicate that the variety used in the social interactions of deaf children class V and VI includes formal variety, consultative variety, and casual variaety. The use of various languages by deaf children in social interactions in the school environment in influenced by factors such as (1) topics, (2) situations, (3) participants, and (4) goals.


Keyword: Variety of Languages, Deaf Children, Sociolinguistic.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##