Konflik Batin Tokoh Utama dalam Novel Ada Surga di Rumahku Karya Oka Aurora Sebagai Alternatif Bahan Ajar Pembelajaran Sastra di SMA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Juwariyah Juwariyah
Sumartini Sumartini

Abstract

Bahan ajar sastra yang dipilih oleh guru harus menyajikan berbagai nilai yang bisa diaplikasikan siswa dalam kehidupan nyata. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan wujud konflik batin yang mengandung nilai-nilai kehidupan novel Ada Surga di Rumahmu karya Oka Aurora. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel berjudul “Ada Surga di Rumahmu†karya Oka Aurora. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi. Data dianalisis menggunakan teori psikopragmatik. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan disimpulkan bahwa wujud konflik batin dalam novel Ada Surga di Rumahmu karya Oka Aurora antara lain pertentangan antara pilihan yang tidak sesuai dengan keinginan, kebimbangan dalam menghadapi permasalahan, serta harapan tidak sesuai dengan kenyataan. Kesesuaian konflik batin yang mengandung nilai-nilai kehidupan dalam novel Ada Surga di Rumahmu karya Oka Aurora dapat dilihat dari aspek psikologi. Rekomendasi dari hasil penelitian diharapkan penyajian bahan ajar pembelajaran sastra di SMA senantiasa diperbaiki, diperbarui dan dimutakhirkan sesuai kebutuhan dan standar yang telah ditentukan.


Literary teaching materials chosen by the teacher must present various values that can be applied by  students in real life. The purpose of this research is to describe the form of inner conflict that contains the values of life in the novel Ada Surga di Rumahmu by Oka Aurora. The research approach used is descriptive qualitative. The data source in this researchis a novel titledAda Surga di Rumahmu by Oka Aurora. The method used in this researchis content analysis. Data was analyzed using psychopragmatic theory. Based on the results of the analysis and discussion, it was concluded that the form of inner conflict in the novel titledAda Surga di Rumahmuby Oka Aurora includes contradictions between choices that are not in accordance with desires, doubts in facing problems, and expectations not inaccordance with reality. The values of life contained in the novel titled Ada Surga di Rumahmu by Oka Aurora include moral values, religious values, social values, cultural values and educational values. Compatibility of inner conflict that contain the values of life in the novel Ada Surga di Rumahmu by Oka Aurora can be seen from the aspect of psychology. Recommendations from the results of the study are expected to present literature learning materials in high school always improved, updated and updated.
according to the needs and standards that have been determined.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##