INTERAKSI SIMBOLIK TOKOH DEWA DALAM NOVEL BIOLA TAK BERADAWAI KARYA SENO GUMIRA AJIDARMA: KAJIAN INTERAKSIONISME SIMBOLIK GEORGE HERBERT MEAD

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Anianhini Yayi Amie
Agus Nuryatin
Nas Haryati S

Abstract

Karya sastra merupakan buah pikiran dari seorang pengarang.Keterkaitan sastra dan sosial amat erat sebab sastra merupakan refleksi dari kehidupan sosial masyarakat itu sendiri.Apa yang diungkapkan pengarang dalam karyanya merupakan kegelisahan terhadap lingkungannya. Novel Biola Tak Berdawai merupakan karya Seno Gumira Ajidarma yang diadaptasi dari film dengan judul yang sama karya Sekar Ayu Asmara. Novel ini menggunakan sudut pandang seorang anak tunadaksa bernama Dewa.Oleh karena itu, permasalahan penelitian adalah simbol – simbol apa yang muncul yang berhubungan dengan tokoh Dewa; makna simbol yang muncul yang berhubungan dengan tokoh Dewa; dan interaksi simbolik tokoh Dewa dalam novel Biola Tak Berdawai karya Seno Gumira Ajidarma. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsi simbol, makna simbol yang muncul yang berhubungan dengan tokoh Dewa, dan mendeskripsi interaksi simbolik tokoh Dewa dalam novel Biola Tak Berdawai karya Seno Gumira Ajidarma.Metode analisis yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan interaksionisme simbolik George Herbert Mead.Hasil penelitian menunjukkan bahwa simbol yang muncul adalah simbol yang secara tersirat digunakan Dewa untuk berinteraksi secara simbolik.

 

Literary worksare the thought sofan author. Linking literature and social intimately because literature is a reflection of the social life of the community it self.What does the authorin his work is the anxiety of the environment. Biola Tak Berdawai novelis a work of Seno Gumira Ajidarma, adapted from the film by the same name by Sekar Ayu Asmara. This novel uses the perspective of ayoung quadri plegic named god. Therefore, the research problem is a symbol of what appears related to the character Dewa; meaning of the symbols that appear related to the Dewa figures, and symbolic character interaction Dewa in the novel Biola Tak Berdawai of Seno Gumira Ajidarma. The purpose of this study was to decrypt the symbols, meanings symbols that appear related to the Dewa figure, and decrypt the symbolic character interaction Dewa in the novel Biola Tak Berdawai of Seno Gumira Ajidarma.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Ajidarma, Seno Gumira. 2004. Biola Tak Berdawai. Jakarta: PT. Andal Krida Nusantara (AKUR)
Bramasto, Insyaf Luhur. 2006. Autisme Dalam Film Biola Tak Berdawai (Analisis Semiotik Pada Film Biola Tak Berdawai Karya Sekar Ayu Asmara). Malang: Tesis, Universitas Muhammadiyah Malang.
Fisher, Aubrey B. 1986. Teori-Teori Komunikasi Perspektif mekanis, Psikologis, Interaksional, dan Pragmatis. Bandung: Remadja Karya.
Nurgiyantoro, Burhan. 1995. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Pelly, Usman dan Asih Menanti. 1994. Teori Sosial Budaya. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Poloma. Margaret M. 2007. Sosiologi Kontemporer. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sobur, Alex. 2004. Semiotika Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Soeprapto, Riyadi. 2002. Interaksionisme Simbolik Perspektif Sosiologi Modern.Yogyakarta: Averroes Press dan Pustaka Pelajar.