Analisis Sintaksis Pemerolehan Bahasa Anak Usia 2,1 Tahun

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Yeni Rahmawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemerolehan bahasa anak usia 2,1 tahun pada tataran sintaksis. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah anak berusia 2,1 tahun yang bernama Queenarela Selena Raikenes atau dipanggil Kenes. Data penelitian ini berupa data kebahasaan lisan yang direkam (spoken teks). Data ini berbentuk wacana interaksional. Prosedur pengumpulan data adalah peneliti melakukan pengamatan langsung pada saat proses pemerolehan sintaksis, yaitu perbincangan antara Kenes dengan peneliti (orang tua Kenes), keluarga, dan teman-teman sebayanya. Selain itu, peneliti juga menggunakan alat perekam dan pencatatan langsung dalam penelitian. Dalam penelitian Analisis Sintaksis Pemerolehan Bahasa Anak Usia 2,1 tahun, hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa pola kalimat yang paling banyak digunakan adalah pola Subjek-Predikat (S-P) yang berjumlah 25 kalimat.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Campbel, dkk. (2006). Metode Praktis Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. Depok: Intuisi Press.

Chaer, Abdul. (2003). Psikolinguistik Kajian Teoretik. Jakarta: Rineka Cipta.

Haryanti, Erna, dkk. (2018). Pemerolehan Bahasa Anak Usia 2-3 Tahun Ditinjau dari Aspek Fonologi. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1, 591-602.

Marta, Melza, dkk. (2013). Pemerolehan Sintaksis Bahasa Minangkabau pada Anak Usia 5 Tahun di Kambang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1, 496-505.

Moleong, Lexsy J. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasution, Rini Sartika. (2019). Analisis Pemerolehan Sintaksis Menggunakan Teknik MLU (Meant Length of Utterence) pada Anak Usia 5 Tahun. Jurnal Pendidikan, Bahasa, dan Sastra Indonesia, 3, 113-118.

Nazir, Moh. 2003. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nurjamiaty. 2015. Pemerolehan Bahasa Anak Usia Tiga Tahun Berdasarkan Tontonan Kesukaannya Ditinjau dari Kontruksi Semantik. Jurnal Edukasi Kultura, 2, 42-62.

Syafroni, Roni Nugraha. (2016). Panjang Rata-Rata Tuturan Anak Usia 2 Tahun 7 Bulan dala Bingkai Teori Pemerolehan Bahasa Anak. Jurnal Pendidikan Unsika, 4, 66-77.

Wulandari, Desy Indah. (2018). Pemerolehan Bahasa Indonesia Anak Usia 3-5 Tahun di PAUD Lestari Desa Blimbing Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 6, 74-83.

Yuniarsih, Dwi. (2013). Pemerolehan Kalimat Bahasa Indonesia pada Anak Usia 3;0-4;0 Tahun (Studi Kasus pada Muhammad Ahsan Hafiz). Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1, 477-485.

Zulhidayanti, dkk. (2013). Pemerolehan Kalimat Bahasa Minangkabau: Studi Kasus pada Anak Usia Empat Tahun Tiga Bulan. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1, 477-562.