Wacana Kritik Pandemi dalam Meme Instagram dan Pemanfaatannya sebagai Materi Ajar Membaca Kritis di Perguruan Tinggi

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Rosita Rahma
Asep Purwo Y. Utomo
Sumarlam Sumarlam

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk menganalisis wacana kritik pandemi dalam meme di Instagram. Selain itu, kajian ini juga bertujuan khusus untuk memanfaatkan hasil analisis sebagai materi ajar membaca kritis di perguruan tinggi. Jenis metode yang digunakan dalam kajian ini adalah kualitatif deskripsi dengan pendekatan analisis wacana kritis menggunakan model AWK dari Norman Fairclough. Data dalam kajian ini adalah 10 meme yang bermuatan kritik pandemi yang bersumber pada media sosial instagram. Untuk menunjang hasil kajian, penulis mewawancarai 80 mahasiswa di lingkungan Departemen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Pendidikan Indonesia. Hasil kajian menunjukan bahwa meme yang dianalisis merepresentasikan kondisi sosial masyarakat Indonesia selama pandemi Covid-19. Selain itu, ditemukan inferensi sosial yang erat antara kondisi sosial yang terlihat di meme dengan kondisi sosial mahasiswa. Berdasarkan hasil tersebut, dapat dirumuskan pemanfaatan hasil kajian analisis sebagai materi ajar membaca kritis yakni sebagai stimulan pembelajaran membaca di perguruan tinggi.


 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Al-Rawi, A., Siddiqi, M., Li, X., Vandan, N., & Grepin, K. (2021). A thematic analysis of Instagram’s gendered memes on COVID-19. Journal of Visual Communication in Medicine, 44(4), 137–150. https://doi.org/10.1080/17453054.2021.1941808
Alwasilah, C. (2014). Filsafat bahasa dan pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.
Aunurrahman. (2009). Belajar dan pembelajaran. Alfabeta.
de Saint Laurent, C., Glăveanu, V. P., & Literat, I. (2021). Internet Memes as Partial Stories: Identifying Political Narratives in Coronavirus Memes. Social Media and Society, 7(1). https://doi.org/10.1177/2056305121988932
Ennis, R. (1986). Goals for a critical thinking curriculum In AL Costa (Ed). Developing Minds. Virginia: Association for Supervision and Curriculum Development.
Erdoğan, V. (2019). Integrating 4C Skills of 21st Century into 4 Language Skills in EFL Classes. In International Journal of Education and Research (Vol. 7, Issue 11, pp. 113–124). www.ijern.com
Fairclough, N. (1989). Language and power. Addison Wesley Longman.
Fairclough, N. (1995). Critical discourse analysis. Addison Wesley Longman.
Fairclough, N., & Ruth, W. (1997). Discourse as social interaction. Sage Publication.
Fisher, A. (2008). Critical Thinking: An introduction, translation by Benjamin Hadinata. Erland.
Gonzales, A. N. P. (2020). 72-81) ISSN2232-1926/eISSN 2600-870X To cite this article. Philippines. Asian Journal of Assessment in Teaching and Learning, 10(2), 72.
Hudson, T. (2007). Teaching second language reading. Oxford University Press.
Leon, F. M. G. De, & Ballesteros-Lintao, R. (2021). The Rise of Meme Culture: Internet Political Memes as Tools for Analysing Philippine Propaganda. Journal of Critical Studies in Language and Literature, 2(4), 1–13. https://doi.org/10.46809/jcsll.v2i4.70
MacDonald, S. (2021). What Do You (Really) Meme? Pandemic Memes as Social Political Repositories. Leisure Sciences, 43(1–2), 143–151. https://doi.org/10.1080/01490400.2020.1773995
Ortiz, F. J. A., Santos Corrada, M. A., Lopez, E., & Dones, V. (2021). Analysis of the use of memes as an exponent of collective coping during COVID-19 in Puerto Rico. Media International Australia, 178(1), 168–181. https://doi.org/10.1177/1329878X20966379
Shifman, L. (2014). Memes in digital culture. MIT Press.
Smitha, E. S., Sendhilkumar, S., & Mahalaksmi, G. S. (2018). Meme classification using textual and visual features. Lecture Notes in Computational Vision and Biomechanics, 28, 1015–1031. https://doi.org/10.1007/978-3-319-71767-8_87
Souza, T. A. de, & Passos, M. Y. (2021). Memes on the agenda : a discourse analysis of media appropriations of humor. Intercom - RBCC São Paulo, 44(1), 231–244.
Sumarlam. (2019). Teori dan praktik analisis wacana. BukuKatta.
Underwood, S. M., & Kararo, A. T. (2020). Using Memes in the Classroom as a Final Exam Review Activity. Journal of Chemical Education, 97(5), 1381–1386. https://doi.org/10.1021/acs.jchemed.0c00068
Zhabotynska. (2020). The narrative multimedia concept: an algorithm for the analysis (internet-memes about COVID-19). Cognition, Communication, Discourse, 20, 92–117. https://doi.org/10.26565/2218-2926-2020-20-06