HUBUNGAN POSTUR TUBUH DAN KETERBELAJARAN GERAK

  • M. Khoerul Umam Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang, Indonesia.
  • Soegiyanto - Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang, Indonesia.
Keywords: Motion, Learn, Body Posture

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan antara postur tubuh dengan keterbelajaran gerak pada siswa SD Negeri kelas V dan VI di Kecamatan Batang Kabupaten Batang tahun 2011. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode survei tes. Selanjutnya data yang diperoleh diolah menggunakan analisis deskriptif persentase dan untuk menghubungkan kedua variabel dengan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa postur tubuh siswa SD se-Kecamatan Batang 85,95% sedang, keterbelajaran gerak 37,3% baik sekali, dan korelasi antara postur tubuh dan keterbelajaran gerak pada siswa putra dan putri menunjukkan adanya hubungan yang signifikan sebesar 0,191 pada taraf signifikansi sebesar 1%. Nilai korelasi yang sangat rendah menunjukkan bahwa keterbelajaran gerak antara siswa yang satu dengan yang lain beragam sesuai dengan kebutuhan geraknya dalam melakukan aktifitas keseharian yang juga dipengaruhi postur tubuh yang dimiliki masing-masing anak. Berdasarkan penelitian dapat diambil kesimpulan ada hubungan yang positif dan signifikan antara postur tubuh dengan keterbelajaran gerak pada siswa kelas V dan VI di SD Negeri Di Kecamatan Batang Kabupaten Batang Tahun 2011.


This study aims to find out is there a relationship between posture by learn motion on elementary school students classes V and VI in Batang District in 2011. Data collection methods used are test survey methods. Furthermore, the data obtained is processed using percentage descriptive analysis and to link these two variables with product moment correlation. The results showed that the posture of elementary school students was moderate as 85.95%, 37.3% learn motion very well, and the correlation between posture and learn movement the boys and girls showed a significant relationship to the significance level of 0.191 by 1%. A very low correlation values indicate that the learn motion between students with each other according to the needs of a variety of motion in performing daily activities that also have affected the posture of each child. Based on the research can be concluded that there are positive and significant relationship between body posture with learn motion in V and VI grade students in elementary school in Batang District in 2011.

References

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta, Jakarta

Johnson L. and Jack K. Nelson. 1970. Practical Measurements for Evaluation in Physical Education. Burgess Oublishing Company, Minneapollis. Minnesota

Nazir, M. 2009. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia, Bogor

Sugiyanto dan Sudjarwo. 1993. Perkembangan dan Belajar Gerak modul 7-12. Depdikbud, Jakarta

How to Cite
Umam, M., & -, S. (1). HUBUNGAN POSTUR TUBUH DAN KETERBELAJARAN GERAK. Journal of Sport Science and Fitness, 1(1). https://doi.org/10.15294/jssf.v1i1.210
Section
Articles