KOMIK DIGITAL PJOK TEMATIK AKTIVITAS FISIK BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR PADA KEGIATAN ASISTENSI MENGAJAR MITRA MBKM

  • Yayan Wardiyanto Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Risa Hadi Universitas Muhammadiyah Cirebon
Keywords: Komik Digital, Pembelajaran PJOK, Asistensi Mengajar, Mitra MBKM

Abstract

Abstrak

Berdasakan observasi yang dilakukan peneliti diperoleh data bahwa: 1) dibutuhkan berbagai inovasi pendidikan untuk mendorong digitalisasi ekonomi, 2) bahan ajar yang tersedia dalam bentuk digital memberikan kemudahan siswa belajar sehingga kapan saja dan dimana saja bisa belajar, 3) perlu dikembangkan model pembelajaran PJOK berbasis kearifan lokal misalnya permainan tradisional sehingga tidak hilang tergerus oleh modernisasi zaman, 4) perlu dikembangkan komik digital PJOK tematik aktivitas fisik berbasis kearifan lokal untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar pada kegiatan asistensi mengajar mitra MBKM. Tujuan penelitian adalah: 1) untuk mengembangkan komik digital PJOK tematik aktivitas fisik berbasis kearifan lokal untuk siswa kelas V sekolah dasar pada kegiatan asistensi mengajar mitra MBKM, 2) untuk mengetahui efektivitas implementasi produk komik digital. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 1) analisis, 2) desain, 3) pengembangan, 4) implementasi dan 5) evaluasi. Subjek penelitian merupakan siswa kelas V Sekolah Dasar yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data kuantitatif dikumpulkan melalui instrumen angket dan pedoman observasi. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian adalah: 1) menghasilkan produk komik digital PJOK tematik aktivitas fisik berbasis kearifan lokal untuk siswa kelas V sekolah dasar pada kegiatan asistensi mengajar mitra MBKM, 2) persentase kelayakan produk pengembangan media pembelajaran komik digital berdasarkan uji para ahli yaitu persentase sebesar 88,9% dengan kulaifikasi sangat layak digunakan, 3) persentase kelayakan produk pengembangan media pembelajaran komik digital berdasarkan uji coba kelompok kecil diperoleh persentase sebesar 87,2% dengan kualifikasi sangat layak digunakan.

 

Abstract

Based on observations made by researchers, data was obtained that: 1) various educational innovations were needed to encourage digitalization of the economy, 2) available teaching materials in digital form made it easy for students to learn so that they could study anytime and anywhere, 3) it was necessary to develop a PJOK-based learning model local wisdom, for example traditional games so that they are not eroded by the modernization of the times, 4) it is necessary to develop digital comics PJOK thematic physical activities based on local wisdom for Grade V Elementary School Students in teaching assistance activities for MBKM partners. The aims of the study were: 1) to develop digital comic PJOK thematic physical activity based on local wisdom for fifth grade elementary school students in MBKM partner teaching assistance activities, 2) to determine the effectiveness of implementing digital comic products. The research method uses quantitative methods with the ADDIE development model approach which consists of 1) analysis, 2) design, 3) development, 4) implementation and 5) evaluation. The research subjects were fifth grade elementary school students who were selected by purposive sampling technique. Quantitative data were collected through questionnaires and observation guidelines. Data analysis used quantitative descriptive. The results of the study were: 1) produce PJOK digital comic products thematic physical activity based on local wisdom for fifth grade elementary school students in teaching assistance activities for MBKM partners, 2) the percentage of product feasibility for developing digital comic learning media based on expert tests, namely a percentage of 88.9 % with qualifications very suitable for use, 3) the percentage of eligibility for the development of digital comic learning media products based on small group trials obtained a percentage of 87.2% with qualifications very suitable for use.

 

References

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Dapodik.co.id. (2022). KI dan KD Kurikulum 2013 SD Kelas 5 untuk Kondisi Khusus Berdasarkan Keputusan Balitbang Kemdikbud. https://www.dapodik.co.id/2020/08/ki-dan-kd-kurikulum-2013-sd-kelas-5.html
Direktorat jenderal Pendidikan Tinggi. (2021). Buku Indikator Kinerja Utama perguruan Tinggi Negeri. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, 021, 1–42. http://dikti.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2021/06/Buku-Panduan-IKU-2021-28062021.pdf

Guyton, & Hall. (2011). Textbook of Medical Physiology. In Student Consult.

KPOTI. (2021). Konvensi Panduan Peraturan Permainan 11 Cabang Olahraga Tradisional.

Lestari, K. D. P., Wahyuni, N., Nugraha, M. H. satria, & Tianing, N. W. (2020). Hubungan Indeks Massa Tubuh, Persentase Lemak Total Tubuh dan Aktivitas Fisik terhadap Tingkat Volume Oksegen Maksimal pada Remaja Putri di Denpasar Selatan. Majalah Ilmiah Fisioterapi Indonesia, 8(1), 29–35.

LPKP UMC. (2021). Pedoman Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka UMC.

Maulina, S. (2022). Komik Digital sebagai Media Pembelajaran. https://radarjambi.co.id/read/2022/04/15/28350/komik-digital-sebagai-media pembelajaran/

Musiandi, T., & Taroreh, B. S. (2020). Pengembangan Pembelajaran Atletik Melalui Pendekatan Permainan Tradisional Sumatera Selatan. Jurnal Olympia, 2(1), 29–37. https://doi.org/10.33557/jurnalolympia.v2i1.885

Palguna, I. G. A. D., Adiatmika, I. P. G., & Dinata, M. K. (2020). Hubungan Motivasi Melakukan Aktivitas Fisik Dengan Tingkat Aktivitas Fisik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. E-Jurnal Medika Udayana, 9(8), 9–13. https://ocs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/63987

Prayoga, A. S. (2020). Menjaga Kebugaran dan Imunitas Tubuh dengan Bermain Olahraga Petanque di Rumah pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Keolahragaan, 1–5.

Septikasari, M., & Kartiyani, T. (2021). Rancang Bangun Komik Digital Gizi Anak Sekolah. 11(1), 143–150.

Taroreh, B. S., & Arisandy, D. (2022). Development of Thematic Digital Comics for Healthy Children During the Covid-19 Pandemic for PJOK Learning Class V Elementary School Students in Palembang. Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 6(1), 10–16. https://doi.org/10.33369/jk.v6i1.20454
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Dapodik.co.id. (2022). KI dan KD Kurikulum 2013 SD Kelas 5 untuk Kondisi Khusus Berdasarkan Keputusan Balitbang Kemdikbud. https://www.dapodik.co.id/2020/08/ki-dan-kd-kurikulum-2013-sd-kelas-5.html
Direktorat jenderal Pendidikan Tinggi. (2021). Buku Indikator Kinerja Utama perguruan Tinggi Negeri. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, 021, 1–42. http://dikti.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2021/06/Buku-Panduan-IKU-2021-28062021.pdf

Guyton, & Hall. (2011). Textbook of Medical Physiology. In Student Consult.

KPOTI. (2021). Konvensi Panduan Peraturan Permainan 11 Cabang Olahraga Tradisional.

Lestari, K. D. P., Wahyuni, N., Nugraha, M. H. satria, & Tianing, N. W. (2020). Hubungan Indeks Massa Tubuh, Persentase Lemak Total Tubuh dan Aktivitas Fisik terhadap Tingkat Volume Oksegen Maksimal pada Remaja Putri di Denpasar Selatan. Majalah Ilmiah Fisioterapi Indonesia, 8(1), 29–35.

LPKP UMC. (2021). Pedoman Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka UMC.

Maulina, S. (2022). Komik Digital sebagai Media Pembelajaran. https://radarjambi.co.id/read/2022/04/15/28350/komik-digital-sebagai-media pembelajaran/

Musiandi, T., & Taroreh, B. S. (2020). Pengembangan Pembelajaran Atletik Melalui Pendekatan Permainan Tradisional Sumatera Selatan. Jurnal Olympia, 2(1), 29–37. https://doi.org/10.33557/jurnalolympia.v2i1.885

Palguna, I. G. A. D., Adiatmika, I. P. G., & Dinata, M. K. (2020). Hubungan Motivasi Melakukan Aktivitas Fisik Dengan Tingkat Aktivitas Fisik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. E-Jurnal Medika Udayana, 9(8), 9–13. https://ocs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/63987

Prayoga, A. S. (2020). Menjaga Kebugaran dan Imunitas Tubuh dengan Bermain Olahraga Petanque di Rumah pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Keolahragaan, 1–5.

Septikasari, M., & Kartiyani, T. (2021). Rancang Bangun Komik Digital Gizi Anak Sekolah. 11(1), 143–150.

Taroreh, B. S., & Arisandy, D. (2022). Development of Thematic Digital Comics for Healthy Children During the Covid-19 Pandemic for PJOK Learning Class V Elementary School Students in Palembang. Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 6(1), 10–16. https://doi.org/10.33369/jk.v6i1.20454

Tohir, M. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka. https://doi.org/10.31219/osf.io/ujmte

Wahid, F. S., Mutaqin, A., & Yasin. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital untuk Siswa. 16(5), 6873–6882.

Wardiyanto, Y., & Kurniawan, F. F. (2021). Analisis Aktivitas Fisik Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Jurnal Sains Keolahragaan Dan Kesehatan (JSKK), 6(2), 164–174. https://doi.org/https://doi.org/10.5614/jskk.2021.6.2.6
Published
2022-12-14
How to Cite
Wardiyanto, Y., & Hadi, R. (2022). KOMIK DIGITAL PJOK TEMATIK AKTIVITAS FISIK BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR PADA KEGIATAN ASISTENSI MENGAJAR MITRA MBKM. Journal of Sport Science and Fitness, 8(2), 95-103. https://doi.org/10.15294/jssf.v8i2.61420