PENINGKATAN HASIL BELAJAR SENAM LANTAI GERAKAN ROLL BELAKANG DENGAN MENGGUNAKAN ALAT BANTU SPON DAN KARET BAN DALAM SEPEDA MOTOR PADA SISWA SD NEGERI SRONDOL 02 KOTA SEMARANG TAHUN AJARAN 2013/2014
Main Article Content
Abstract
The purpose of this study was to determine the improvement of learning outcomes gymnastics floor rear roll motion using a sponge and rubber tools motorcycle tires in the VB graders Srondol Elementary School 02 Semarang Academic Year 2013/2014. The method of this study is action research with the research subject is the VB class 02 SD Negeri Semarang Srondol consisting of 30 students. The first cycle administered questionnaire, assessment by using a sheet instruments of aspects of affective, cognitive, and psychomotor . In the second cycle is given in the form of instructional media in a motorcycle tire rubber and sponge. conclusions using the tools sponge and rubber tires in the motorcycle can improve student learning outcomes in V B class in elementary school Srondol 02 of Semarang students more easily understand and rear roll movement the results of student success in the second cycle which gained mastery learning outcomes of students 93% and the average grade in the first cycle 81. Compared who only earn passing grade of 37% and an average of 68 classes
Article Details
Section
Articles
References
Agus Kristiyanto. 2010. PenelitianTtindakan Kelas
(PTK) dalam Penjas dan Kepelatihan Olahraga. Surakarta : UNS Press.
Agus Mahendra, MA. 2000. Senam . Jakarta :
Depdikbud Dirjen Pendidikan tinggi proyek pembinaan tenaga kependidikan.
Aip Syarifuddin dan Muhadi dalam Supandi. 1992.
Strategi Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta : Depdikbud Dirjen Pendidikan tinggi proyek pembinaan tenaga kependidikan.
Aip Syarifuddin dan Muhadi. 1991. Pendidikan
Yuli Irsanto / Journal of Physical Education,Sport, Health and Recreation 4 (6) (2015)
1854
Jasmani dan Kesehatan. Jakarta : Depdikbud. Dirkendikti. Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.
Biasworo Adisuyanto. 2009. Cerdas dan Bugar
dengan Senam Lantai. Jakarta : PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta :
Gava Media.
Erwin Setyo Kriswanto, Farida Mulyaningsih,
Herkamaya Jatmika, Yudanta. 2010.
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan V. Jakarta : Kementrian Pendidikan Nasional.
H.E Mulyasa. 2009. Praktik Penelitian Tindakan
Kelas. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Nana Sudjana. 2005. Dasar-dasar Proses Belajar
Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo.
Oemar Malik. 1982. Proses Pendidikan dan
Pengajaran di Sekolah. Jakarta.
Peter H Werner dalam Agus Mahendra. 2000.
Senam. Jakarta : Depdikbud Dirjen Pendidikan tinggi proyek pembinaan tenaga kependidikan.
Ruslin Lutan. 1988. Belajar Ketrampilan Motorik
Pengantar Teori dan Metode. Jakarta : Depdikbud. Dirjendikti.
Suharsimi Arikunto, Suhardjono, dan Supardi. 2009.
Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Supandi. 1992. Strategi Belajar Mengajar Pendidikan
Jasmani dan Kesehatan. Jakarta : Dekdikbud Dirjen Pendidikan tinggi proyek pembinaan tenaga kependidikan.
Sutrisno Hadi. 1987. Metodologi Research.
Yogyakarta : Andi Yogyakarta.
(PTK) dalam Penjas dan Kepelatihan Olahraga. Surakarta : UNS Press.
Agus Mahendra, MA. 2000. Senam . Jakarta :
Depdikbud Dirjen Pendidikan tinggi proyek pembinaan tenaga kependidikan.
Aip Syarifuddin dan Muhadi dalam Supandi. 1992.
Strategi Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta : Depdikbud Dirjen Pendidikan tinggi proyek pembinaan tenaga kependidikan.
Aip Syarifuddin dan Muhadi. 1991. Pendidikan
Yuli Irsanto / Journal of Physical Education,Sport, Health and Recreation 4 (6) (2015)
1854
Jasmani dan Kesehatan. Jakarta : Depdikbud. Dirkendikti. Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.
Biasworo Adisuyanto. 2009. Cerdas dan Bugar
dengan Senam Lantai. Jakarta : PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta :
Gava Media.
Erwin Setyo Kriswanto, Farida Mulyaningsih,
Herkamaya Jatmika, Yudanta. 2010.
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan V. Jakarta : Kementrian Pendidikan Nasional.
H.E Mulyasa. 2009. Praktik Penelitian Tindakan
Kelas. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Nana Sudjana. 2005. Dasar-dasar Proses Belajar
Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo.
Oemar Malik. 1982. Proses Pendidikan dan
Pengajaran di Sekolah. Jakarta.
Peter H Werner dalam Agus Mahendra. 2000.
Senam. Jakarta : Depdikbud Dirjen Pendidikan tinggi proyek pembinaan tenaga kependidikan.
Ruslin Lutan. 1988. Belajar Ketrampilan Motorik
Pengantar Teori dan Metode. Jakarta : Depdikbud. Dirjendikti.
Suharsimi Arikunto, Suhardjono, dan Supardi. 2009.
Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Supandi. 1992. Strategi Belajar Mengajar Pendidikan
Jasmani dan Kesehatan. Jakarta : Dekdikbud Dirjen Pendidikan tinggi proyek pembinaan tenaga kependidikan.
Sutrisno Hadi. 1987. Metodologi Research.
Yogyakarta : Andi Yogyakarta.