PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKS DESKRIPTIF BERBAHASA JAWA DENGAN MOVIE MAKER PADA SISWA KELAS X SMK PGRI 3 RANDUDONGKAL

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Dani Mufti Chaerul Anam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan guru dan siswa mengenai media movie maker dalam pembelajaran teks berbahasa Jawa, bagaimana protoripe, hasil uji validasi, dan hasil uji coba media movie maker dalam pembelajaran teks berbahasa Jawa. Desain penelitian R&D (Research and Development) menggunakan enam tahapan pembelajaran. Subjek penelitian terdiri dari guru, siswa, dan dosen ahli. Hasil penelitian yaitu sebagai berikut. (1) Dibutuhkannya media movie maker dalam pembelajaran teks deskriptif berbahasa Jawa. (2) protoripe media movie maker terdiri atas bahan pembuatan media pembelajaran, proses produksi, dan hasil media movie maker berupa video tentang pembelajaran teks deskriptif berbahasa Jawa. (3) hasil uji coba validasi menyatakan bahwa media tersebut termasuk pada kriteria sudah baik dan layak untuk diujicobakan dalam pembelajaran di suatu sekolah. (4) hasil uji coba media menunjukkan peningkatan sebesar sebesar 13,42% dengan klasifikasi nilai rata-rata pretest sebesar 68,20 dan nilai rata-rata posttest sebesar 82,62. Perilaku siswa terhadap pemberlakuan media yaitu siswa merasa sangat antusias dan sangat aktif selama proses pembelajaran berlangsung, baik ketika menggunakan media, memahami materi, maupun menjawab pertanyaan mengenai teks deskriptif berbahasa Jawa.


 


The aim of this research is to know the need of tachers and students of movie maker media in Javanesse text, how the prototype is, the result of validation test, and the result of the use of movie maker in Javanese language teaching. The research use R&D (research and development) design that use six steps of teaching. The subject of the research consists of teachers, students, and lecturer. The result of this reseach as follows. (1) the use of movie maker media in teaching javanese descriptive text is needed. (2) the prototype of movie maker media consist of teaching materials, production process, and the result of movie maker media is a video of teaching javanesse teaching text (3) the result of the validation test reveals that the media is good and proper to be used in teaching. (4) the result of media trial showed as 13,42% in which the pretest classification mark as 68,20% and the average of posttest as 82,62%. The students are atractively and actively involve in the learning process, both in using the media, understanding the material, and answering questions related to describtive text witten in Javanese language as well.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Chaerul Anam, D. (2017). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKS DESKRIPTIF BERBAHASA JAWA DENGAN MOVIE MAKER PADA SISWA KELAS X SMK PGRI 3 RANDUDONGKAL. Piwulang : Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa, 5(1), 6-13. https://doi.org/10.15294/piwulang jawa.v5i1.17540

References

Alvermann, D. E. (1981). The compensatory effect of graphic organizers on descriptive text. Journal of Educational Research, 75(1), 44-48
Arikunto, S. 2010. Prosedur penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi Revisi). Jakarta : Rineka Cipta
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Dalman, H. 2014. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Gromik, Nicolas. (2004). Windows Movie Maker in the English as a Foreign Language Class. Innovate: Journal of Online Education, 1 (1), 5.
Hamruni. 2011. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.
Jacobson, Michael (2007). A Design Framework for Educational Hypermedia Systems: Theory, Research, and Learning Emerging Scientific Conceptual Perspectives. Educational technology research and development, 56 (1), 5-28.
Keraf. G. (1995). Eksposisi. Jakarta” Grasindo
Khanifah, 2006. Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi dengan Menggunakan Media Video Compact Disc (VCD) pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Semarang. Skripsi, Unnes.
Mansoor, dkk. (2016). EFL Learners’ Levels of Comprehension Across Text Structures: A Comparison of Literal and Inferential Comprehension of Descriptive and Enumerative Expository Texts. Journal of Psycholinguistic Research, 45 (6), 1499.
Munadi, Yudhi (2008). Media Pembelajaran:Suatu pendekatan baru. Jakarta: Gaung Persada Press.
Park, Hyungsun. (2011). A New Approach Toward Digital Storytelling: An Activity Focused on Writing Self-efficacy in a Virtual Learning Environtment. Educational Technology and Society, 14 (4), 181-191.
Rusman, 2012.Model-Model Pembelajaran.Jakarta : PT.Raja Grasindo Persada
Saddhono, Kundharu dan Slamet. 2014. Pembelajaran Keterampilan Bahasa Indonesia Teori dan Aplikasi Edisi 2. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sudjana, N. dan A., Rivai. 2013. Media Pengajaran. Sinar Baru Algensindo. Bandung
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Suparno. 2011. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.