Kemampuan Representasi Matematis ditinjau dari Adaptabilitas Siswa Kelas Vii pada Problem Based Learning dengan Performance Assessment

Main Article Content

Dina Nuryana Wahidah
Masrukan Masrukan

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji ketuntasan klasikal PBL dengan performance assessment untuk kemampuan representasi matematis siswa, menguji kemampuan representasi matematis siswa pada PBL dengan performance assessment dibandingkan siswa pada PBL, dan mendeskripsikan kemampuan representasi matematis ditinjau dari adaptabilitas siswa pada PBL dengan performance assessment. Penelitian menggunakan mixed methods desain sequential explanatory. Populasi adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Semarang tahun 2019/2020. Subjek adalah 2 siswa dari kategori adaptabilitas tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan data meliputi: tes, angket, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan representasi matematis siswa pada PBL dengan performance assessment mencapai ketuntasan klasikal, (2) kemampuan representasi matematis siswa pada PBL dengan performance assessment lebih baik dari siswa pada PBL, (3) kemampuan representasi matematis ditinjau dari adaptabilitas siswa adalah (a) siswa adaptabilitas tinggi mampu memenuhi semua indikator dengan kategori baik; (b) siswa dengan adaptabilitas sedang mampu memenuhi indikator (1) dengan baik, indikator (2a dan 2b) dengan cukup baik, indikator (3a) dengan baik, dan indikator (3b) dengan baik, namun terkadang tidak; (c) siswa dengan adaptabilitas rendah mampu memenuhi indikator (1) dengan baik, indikator (2a) dengan cukup baik, namun terkadang tidak, indikator (2b) dengan kurang baik, indikator (3a) dengan baik, dan indikator (3b) dengan cukup baik, namun terkadang tidak.

Article Details

How to Cite
Wahidah, D., & Masrukan, M. (2021). Kemampuan Representasi Matematis ditinjau dari Adaptabilitas Siswa Kelas Vii pada Problem Based Learning dengan Performance Assessment. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 139-149. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/44913
Section
Articles

References

Afinnas, F. T., Masrukan, M., & Kurniasih, A. W. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dengan Model Self-Regulated Learning Menggunakan Asesmen Kinerja Ditinjau dari Metakognisi. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 197-207).
Arumsasi, D., Khafid, M., & Sucihatiningsih, D. W. P. (2015). Pengaruh Tingkat Kecerdasan, Motivasi, Tingkat Sosial Ekonomi, dan Kemampuan Adaptasi Lingkungan Siswa sebagai Variabel Intervening terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Kelas X SMAN 1 Mranggen Tahun 2014. Journal of Economic Education, 4(2).
Asyrofi, M. A. M., & Junaedi, I. (2016). Kemampuan Representasi Matematis Ditinjau dari Multiple Intellingence pada Pembelajaran Hybrid Learning Berbasis Konstruktivisme. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 5(1), 32-39.
Azhari, M. A. S., Mayangsari, M. D., & Erlyani, N. (2015). Hubungan Perilaku Asertif dengan Penyesuaian Diri pada Siswa Tahun Pertama di SMP. Jurnal Ecopsy, 2(1).
Azizah, L. N., Junaedi, I., & Suhito, S. (2019). Kemampuan Representasi Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa Kelas X pada Pembelajaran Matematika dengan Model Problem Based Learning. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 2, pp. 355-365).
Collie, R. J., & Martin, A. J. (2017). Students’ Adaptability in Mathematics: Examining Self-Reports And Teachers’ Reports And Links With Engagement And Achievement Outcomes. Contemporary Educational Psychology, 49, 355-366.
Effendi, L. A. (2012). Pembelajaran Matematika dengan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2), 1-10.
Farhan, M., & Retnawati, H. (2014). Keefektifan PBL dan IBL Ditinjau dari Prestasi Belajar, Kemampuan Representasi matematis, dan Motivasi belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 227-240.
Handayani, P., Agoestanto, A., & Masrukan, M. (2013). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Asesmen Kinerja terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(1), 70-76.
Istadi, Kusmayadi, T. A., & Sujadi, I. (2017). Students’ Mathematical Representations on Secondary School in Solving Trigonometric Problems. Journal of Physics: Conference Series, 855(1), p. 012021. IOP Publishing.
Lestari, K.E., Yudhanegara, M.R., 2017. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Adhitama.
Martin, A. J., Nejad, H. G., Colmar S., & Liem, G. A. D. (2013). Adaptability: How Student Responses to Uncertainty and Novelty Predict Their Academic and Nonacademic Outcomes. Journal of Educational Psychology, Vol. 105, 728-746.
Masrukan. M., & Mufidah, N. A. (2017). Geometry Problem Solving Ability and Tolerance Character of Students 8th Grade with Assessment Project. Journal of Physics: Conference Series, 824012046.
Minarni, A., Napitupulu, E. E., & Husein, R. (2016). Mathematical Understanding and Representation Ability Public Junior High School in North Sumatra. Journal on Mathematics Education, 7(1), 43-56.
NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. United States of America : The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.
Padmavathy, R. D. & Mareesh K. (2013). Effectiveness of Problem Based Learning In Mathemathic. International Multidiscip linary e-Journal, 2(1), 45-51.
Permendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pelaksanaan Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Stevani, M., & Santoso, T. G. (2014). Analisis Pengaruh Kemampuan Komunikasi dan Kemampuan Beradaptasi terhadap Kinerja Karyawan di Celebrity Fitness Galaxy Mall. Jurnal Hospitally dan Manajemen Jasa, Vol. 1, 1-13.
Stiggins, R. J. (1994). Student-centered Classroom Assessment. New York: Macmillan Publishing Company.
Sudjana, N. 2005. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukendra, I. K., & Sumandya, I. W. (2018). Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Asesmen Kinerja dan Bakat Numerik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Widyadari: Jurnal Pendidikan, 19(1), 30-38.
Suryowati, E. (2015). Kesalahan Siswa Sekolah Dasar dalam Merepresentasikan Pecahan pada Garis Bilangan. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 4(1).
Susanti, E. S., Waluya, S. B., & Masrukan, M. (2019). Analysis of Creative Thinking Ability Based on Self-Regulation in Model Eliciting Activity Learning with Performance Assessment. Unnes Journal of Mathematics Education Research.