Analisis Asesmen Autentik dan Pembelajaran Matematika Materi Teorema Pythagoras Kelas VIII MTs Negeri di Kabupaten Ngawi

Main Article Content

Atsalatul Mubarokah
Masrukan Masrukan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas pembelajaran dan penilaian Matematika pada perencanaan dan pelaksanaannya, serta inovasi yang dikembangkan guru pada asesmen autentik dan pembelajaran Matematika materi Teorema Pythagoras kelas VIII MTs di Kabupaten Ngawi. Sejalan tujuan penelitian, metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Subjek penelitian adalah lima guru Matematika MTs Negeri di Kabupaten Ngawi yang berbeda, dengan letak geografi berdekatan, dan sudah menerapkan kurikulum 2013 di sekolahnya. Metode pengambilan data adalah penilaian dokumen RPP, observasi, dan wawancara. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik pengumpulan data, pengecekan anggota, dan kecukupan referensi. Hasil penelitian ini diantaranya: (1) kualitas perencanaan pembelajaran guru Matematika MTs di Kabupaten Ngawi pada Materi Teorema Pythagoras untuk aspek perencanaan proses pembelajaran dan perencanaan asesmen secara berturut-turut dalam kategori sangat baik dan baik; (2) kualitas pembelajaran guru Matematika MTs di Kabupaten Ngawi pada Materi Teorema Pythagoras untuk aspek pelaksanaan proses pembelajaran dan pelaksanaan penilaian secara berturut-turut termasuk dalam kategori sangat baik dan cukup baik; dan (3) inovasi pembelajaran dan penilaian autentik yang dilakukan guru Matematika MTs di Kabupaten Ngawi di antaranya yaitu pengembangan soal permasalahan, LKPD, serta teknik penilaian itu sendiri.  

Article Details

How to Cite
Mubarokah, A., & Masrukan, M. (2021). Analisis Asesmen Autentik dan Pembelajaran Matematika Materi Teorema Pythagoras Kelas VIII MTs Negeri di Kabupaten Ngawi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 80-86. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/44925
Section
Articles

References

Abdussakir. (2009). Pembelajaran Geometri Sesuai Teori Van Hiele. MADRASAH: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 2(1), 1-13.
Beladina, N., Suyitno, A., & Kusni. (2013). Keefektifan Model Pembelajaran CORE Berbantuan LKPD terhadap Kreativitas Matematis Siswa. Unnes Journal Mathematics Education, 2(3), 34-39.
Dewi, N. R., & Kusumah, Y. S. (2017). Implementasi Brain-Based Learning Berbantuan Web terhadap Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Unnes Journal of Mathematics Education, 6(1), 128-133.
Kartowagiran, B., & Jaedun, A. (2016). Model Asesmen Autentik untuk Menilai Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP): Implementasi Asesmen Autentik di SMP. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 131-141.
Laelasari. (2017). Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Matematika. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora, 3(2), 99-103.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan
Sholihah, S. Z., & Afriansyah, E. A. (2017). Analisis Kesulitan Siswa dalam Proses Pemecahan Masalah Geometri Berdasarkan Tahap Berpikir Van Hiele. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 287-298.
Shobirin, M.,Subyantoro, & Rusilowati, A. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Bahasa Inggris Bermuatan Nilai Pendidikan Karakter Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Semarang. Journal of Primary Educational, 2(2), 63-70.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Umami, M. (2018). Penilaian Autentik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Kurikulum 2013. Jurnal Kependidikan, 6(2), 222-232.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.