Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis pada Mata Kuliah Pengantar Dasar Matematika

Main Article Content

Lasia Agustina
Rochmad Rochmad
Isnarto Isnarto

Abstract

Pengantar Dasar Matematika menjadi mata kuliah di Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Indraprasa PGRI Jakarta yang disampaikan di semester ganjil di Jenjang S1. Materi yang dipelajari seperti konsep himpunan, relasi , fungsi serta logika matematika, sehingga diperlukan beragam kemampuan matematis, salah satunya adalah kemampuan pemahaman konsep matematika. Pemahaman konsep matematika adalah yang pertama dalam sasaran pembelajaran matematika. Kurangnya pemahaman konsep matematika tidak hanya terjadi pada siswa pada tingkat menengah, tetapi juga pada siswa di jenjang pendidikan tingkat tinggi. Kemampuan untuk memahami konsep matematika merupakan suatu kemampuan yang dapat membantu mahasiswa untuk melakukan perhitungan matematika secara algoritmik (perhitungan rutin/pemahaman komputasional) serta menghubungkan antara satu konsep/prinsip dan konsep/prinsip lainnya (perhitungan non-rutin/pemahaman fungsional). Metode penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dan memiliki tujuan dalam mendefinisikan kemampuan pemahaman konsep matematis pada mata kuliah pengantar dasar matematika.

Article Details

How to Cite
Agustina, L., Rochmad, R., & Isnarto, I. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis pada Mata Kuliah Pengantar Dasar Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 262-267. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/44938
Section
Articles

References

Gulkilik, H., Moyer-Packenham, P. S., Ugurlu, H. H., & Yuruk, N. (2020). Characterizing the growth of one student’s mathematical understanding in a multi-representational learning environment. Journal of Mathematical Behavior, 58. https://doi.org/10.1016/j.jmathb.2020.100756
Handayani, N.Y.T. & S. Anwar. (2014). Perbedaan motivasi belajar dalam tingkat pemahaman akuntansi antara mahasiswa bekerja dan mahasiswa tidak bekerja di universitas pembangunan nasional “veteran” jawa timur. Published Paper. Surabaya: UPN Veteran
Hers, Reuben. 1997. What is Mathematics, Really?. New York: Oxford University
Legesse, M., Luneta, K., & Ejigu, T. (2020). Analyzing the effects of mathematical discourse-based instruction on eleventh-grade students’ procedural and conceptual understanding of probability and statistics. Studies in Educational Evaluation, 67. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2020.100918
Moleong, Lexy. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. remaja Rosdakarya
Nasution, M. L., & Hafizah, N. (2020). Development of students’ understanding of mathematical concept with STAD type cooperative learning through student worksheets. Journal of Physics: Conference Series, 1554(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1554/1/012035
Ningsih, Y. L., & Paradesa, R. (2018). Improving students’ understanding of mathematical concept using maple. Journal of Physics: Conference Series, 948(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/948/1/012034
Palgunadi, A. P., & Rohayati, S. (2014). Pengaruh Hasil Belajar Matematika, Ekonomi dan Minat Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Surabaya, 1–7.
Rizally, M. A. (2014). Korelasi antara usia kronologis awal masuk sekolah terhadap prestasi belajar. E-JUPEKhu (Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus), 3(September), 140–148. ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/download/.../3073
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
. (2011). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Sumarmo, U. (2013). Kumpulan makalah: Berpikir dan disposisi matematik serta pembelajarannya. Vol 1, 122-146. Bandung: FPMIPA-UPI Press.
Syahbana, A. (2013). Edumatica Volume 03 Nomor 02. 03(1995), 1–12.
Yanti, D. M. (2015). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI. 5(April), 11–20.
Yensy, N. A. (2020). Efektifitas Pembelajaran Statistika Matematika melalui Media Whatsapp Group Ditinjau dari Hasil Belajar Mahasiswa (Masa Pandemik Covid 19). In Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia (Vol. 05, Issue 02). https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr