Kajian Teori: LKPD Berbasis Kontekstual pada Model Preprospec Berbantuan TIK untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis

Main Article Content

Lia Alfiana
Nuriana Rachmani Dewi

Abstract

Pada abad 21, kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu kemampuan matematika yang perlu untuk dikembangkan oleh peserta didik. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis adalah dengan penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis pendekatan kontekstual dalam proses pembelajaran. Pada era kemajuan teknologi, diperlukan model pembelajaran yang efektif dan efisien. Salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik tersebut adalah model pembelajaran Preprospec berbantuan TIK. Model pembelajaran Preprospec memiliki lima tahapan pembelajaran yaitu Prepare, Problem Solving, Presentation, Evaluation, dan Conclusion. Artikel ini menggunakan metode studi literatur. Tujuan dari artikel ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan komunikasi matematis melalui Lembar Kerja Peserta Didik berbasis kontekstual dengan model Preprospec berbantuan TIK. Berdasarkan studi literatur yang dilakukan, Lembar Kerja Peserta Didik berbasis kontekstual pada model Preprospec berbantuan TIK dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Selain itu, dengan penerapan pendekatan kontekstual dan model Preprospec dalam pembelajaran akan mendorong peserta didik untuk mengonstruksi konsep-konsep matematika sehingga akan membuat pembelajaran matematika menjadi lebih bermakna

Article Details

How to Cite
Alfiana, L., & Dewi, N. (2021). Kajian Teori: LKPD Berbasis Kontekstual pada Model Preprospec Berbantuan TIK untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 275-281. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/44941
Section
Articles

References

Alhaddad, I., Kusumah, Y. S., Sabandar, J., & Dahlan, J. A. (2015). Enhancing Students’ Communication Skills through Treffinger Teaching Model. IndoMS-JME, 6(1), 31–39.
Azmarita, T., Helmi, & Azis, A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Luar Kelas Berbasis Kontekstual untuk Memingkatkan Literasi Sains XI MIPA SMAN 8 Maros. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika (JSPF), 15(1), 37–42.
Dewi, N R, Arini, F. Y., & Ardiansyah, A. S. (2020). Development of ICT-Assisted Preprospec Learning Models. Journal of Physics: Conference Series, 1–4. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1567/2/022098
Dewi, Nuriana Rachmani. (2020). Pembelajaran Preprospec Berbantuan TIK. Penerbit Lakeisha.
Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). TIMSS Indonesia (Trends in International Mathematics and Science Study). Prosiding Seminar Nasional & Call for Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi, 562–569.
Hamidah, Noer, S. H., & Caswita. (n.d.). Pengembangan LKPD Berbasis Kontekstual dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Disposisi Matematis. Universitas Lampung, 1–10.
Husin, A. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif pada Siswa SMP MUHAMMADIYAH 01 MEDAN T.P 2017/2018. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Hutapea, N. M., Saragih, S., & Sakur. (2019). Improving Mathematical Communication Skills of SMP Students Through Contextual Learning. Journal of Physics: Conference SeriesConference Series, 1–10. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1351/1/012067
Kusdianingsih, E. Z. (2016). Pengembangan LKPD Berbasis Kemampuan Argumentasi dengan Menggunakan Model Problem Solving Untuk Meningkatkan Literasi Sains. 2016. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Lutvaidah, U. (2016). Pengaruh Metode dan Pendekatan Pembelajaran terhadap Penguasaan Konsep Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3), 279–285. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i3.653
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics: The National Council of Teachers of Mathematics.
Pratama, Y. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. Universitas Lampung.
Sanjaya, W. (2015). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Kencana.
Sugandi, A. I., & Bernard, M. (2018). Penerapan Pendekatan Kontekstual terhadap Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Jurnal Analisa, 4(1), 16–23. http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/analisa/index
Tindowen, D. J. C., & Bassig, J. M. (2017). Twenty-First-Century Skills of Alternative Learning System Learners. https://doi.org/10.1177/2158244017726116
Umar, W. (2012). Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Infinity, 1.
Yudha, A., Sufianto, S., Engga, B., Damara, P., Taqwan, B., & Haji, S. (2019). The Impact of Contextual Teaching and Learning (CTL) Ability in Understanding Mathematical Concepts. 295(ICETeP 2018), 170–173.