Bahan Ajar Berbasis STEM dalam Pembelajaran Matematika: Potensi dan Metode Pengembangan

Main Article Content

M.Fikri Nurhidayat
Mohammad Asikin

Abstract

Kajian konseptual ini bertujuan untuk mengetahui potensi dan metode pengembangan bahan ajar berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) dalam pembelajaran matematika.  Artikel yang dikaji merupakan hasil penelitian pengembangan bahan ajar cetak berbasis STEM yang berupa buku, modul, dan lembar kerja siswa. Setiap artikel membahas kemampuan matematis dan metode pengembangan yang berbeda. Kemampuan yang dibahas seperti kemampuan koneksi matematis, kemampuan berpikir kritis, kemampuan literasi, dan lainnya. Pengintegrasian bahan ajar dengan STEM sebagai alternatif yang potensial dalam mengembangkan kemampuan matematis, minat belajar, motivasi belajar, dan hasil belajar siswa. Selain itu, metode pengembangan yang dibahas beraneka ragam seperti model 4D, ADDIE, dan Sugiyono. Hal ini memberi gambaran bahwa bahan ajar berbasis STEM dapat dikembangkan dalam berbagai metode pengembangan.

Article Details

How to Cite
Nurhidayat, M., & Asikin, M. (2021). Bahan Ajar Berbasis STEM dalam Pembelajaran Matematika: Potensi dan Metode Pengembangan. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 298-302. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/44946
Section
Articles

References

Acar, D., Tertemiz, N., & Tasdemir, A. (2018). The Effects of STEM Training on the Academic Achievement of 4th Graders in Science and Mathematics and Their Views on STEM Training Teachers. International Electronic Journal of Elementary Education, 10(4), 505-513.
Al Azri, R. H. & M. H Al-Rashdi. 2014. The Effect of Using Authentic Materials in Teaching. International Journal of Scientific & Technology Research. 3(10): 249-254.
Aminingsih, & Izzati, N. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis STEM Pada Materi Himpunan Kelas VII SMP. Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 67-76.
Bahrum, S., Wahid, N., & Ibrahim, N. (2017). Integration of STEM Education in malaysia and Why to STEAM. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 7(6), 645-654.
Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.
English, L., & King, D. (2015). STEM learning through engineering design: fourth-grade students’ investigations in aerospace. International Journal of STEM Education, 2(14), 1-18.
Karnuriman et al.. (2019). Development of STEM Workers Based on STEM to Optimize Curriculum 2013 Implementation. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 8(2), 74-77.
Lestari, D., et al.. (2018). Implementasi LKS Dengan Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(1), 202-207.
National Council of Teacher of Mathematics (NCTM). (2000). Principles and
standards for school mathematics. Reston: The National Council of Teachers
of Mathematics, Inc.
Niam, M, A., & Asikin, M. (2020). The Development of Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM)-Based Mathematics Teaching Materials to Increase Mathematical Connection Ability. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 8(1), 153-167
Ningsih, F. et al.. (2018). The Development of Student’s Book Based on STEM (Science Technology Engineering and Mathematics) With LBL (Life Based Learning) Integration On The Subject of Biotechnology in Class XII Senior High School. Pancaran Pendidikan, 7(3), 7-12.
Ningtyas P. K. et al.. (2019). Pengembangan Pengembangan Bahan Ajar dengan Pendekatan STEM PjBL Berbasis Kontekstual pada Materi Asam dan Basa untuk Siswa Kelas XI SMA/MA. Prosiding Seminar Nasional Kimia dan Pembelajarannya (SNKP) 2019. Malang.
Oktavia, Rani. (2019). Bahan Ajar Berbasis Science, Technology, Engineering, Mathematics (STEM) untuk Mendukung Pembelajaran IPA Terpadu. Semesta: Journal of Science Education and Teaching, 2(1), 32-36.
Purwaningsih et al. 2020 J. Phys.: Conf. Ser. 1481 012133.
Rahmatina C. A. et al.. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) di SMA/MA. Jurnal Phi: Jurnal Pendidikan Fisika dan Fisika Terapan, 1(1), 27-33
Sanders, M. (2009). STEM, STEM Education, STEMmania. Reston: The Technology Teacher.
Sari, N. et al. (2018). The Deevelopment of Science Teaching Materials Based on STEM to Increase Science Literacy Ability of Elemtary Scool Students. International Jounal of Advances in Scientific Research and Engineering (IJASRE), 4(7), 161-169.
Sayekti, A. M., & Suparman. (2020). Development Of PJBL-Based LKPD With STEM Approach Design To Improve Critical Thinking Skills. International Journal Of Scientific & Technology Research, 9(3), 3390-3394.
Silvia, A., & Simatupang, H. (2020). Pengembangan LKPD Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics Untuk Menumbuhkan Keterampilan Literasi Sains Siswa Kelas X MIA SMA NEGERI 14 Medan T.P 2019/2020. BEST JOURNAL: Biology, Education, Science & Technology). 3(1), 39-44.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Cetakan Ke-27). Bandung: Alfabeta.
Utami, T. N. et al.. (2018). Pengembangan Modul Matematika dengan Pendekatan Science, Technology,Engineering, And Mathematics (STEM) pada Materi Segiempat . Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 165-172.
Wahono, B. et al.. (2018). Developing STEM Based Student’s Book for Grade XII Biotechnology Topics. Journal of Education and Learning (EduLearn), 12(3, 450-456.
Winarni, J., Siti Zubaidah, & Supriyono Koes H. (2016). STEM: APA, MENGAPA, DAN BAGAIMANA. Pros. Semnas Pend. IPA Pascasarjana UM. Malang.
Yuanita, & Kurnia, F. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Materi Kelistrikan untuk Sekolah Dasar. Jurnal Profesi pendidikan Dasar, 6(2), 199-210.
Zahid, Muhammad Zuhair. (2018). Aplikasi Berbasis Android untuk Pembelajaran: Potensi dan Metode Pengembangan. PRISMA (Prosiding Seminar Manetaika) UNNES. Semarang