Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Ditinjau dari Rasa Ingin Tahu pada Pembelajaran Problem Posing Berbasis Open Ended Problem dengan Performance Assessment
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menguji keefektifan model pembelajaran problem posing berbasis open ended problem dengan performance assessment terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa, dan mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa berdasarkan rasa ingin tahu tinggi, sedang, dan rendah pada pembelajaran problem posing berbasis open ended problems dengan performance assessment. Metode penelitian ini adalah mix method, desain explanatory sequantial. Populasi adalah siswa kelas VII SMP Miftahul Huda Limbangan dengan sampel kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan VII D sebagai kelas kontrol. Penentuan subjek penelitian dengan purposive sampling, diambil dua subjek penelitian untuk setiap kategori rasa ingin tahu. Hal tersebut agar data dapat menyebar. Teknik pengambilan data dengan tes, angket, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran problem posing berbasis open ended problem dengan performance assessment efektif untuk kemampuan berpikir kreatif matematis siswa, siswa dengan rasa ingin tahu tinggi memenuhi indikator fluency, flexibility, dan novelty, menempati level 4 (sangat kreatif), siswa dengan rasa ingin tahu sedang mampu memenuhi aspek fluency dan flexibility, menempati level 3 (kreatif), dan siswa dengan rasa ingin tahu rendah memenuhi indikator fluency, menempati level 1 (kurang kreatif) dan level 0 (tidak kreatif).
Article Details
References
Asriningsih, T. M. (2014). Pembelajaran Problem Posing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Gamatika, 5(1).
Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Badriyah, J. (2010). Penerapan problem posing pada pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas viii-c smpn 4 malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FMIPA UM.
Belecina, R. R., & Ocampo Jr, J. M. (2016). Mathematical Curiosity, Epistemological Beliefs, and Mathematics Performance of Freshman Preservice Teachers. MIMBAR PENDIDIKAN, 1(1).
Creswell, J., W. (2012). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research 4th ed. Boston: Pearson.
Dewi, H. L., & Marsigit. (2018, September). Mathematical Creative Thinking and Problem Posing: An Analysis of Vocational High School Students’ Problem Posing. Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1097, No. 1, p. 012134). IOP Publishing.
Fabian, J. (2018). Creative Thinking and Problem Solving. CRC Press.
Fitriani, S., & Yarmayani, A. (2018). Pengembangan Rubrik Berpikir Kreatif Siswa Menengah Atas dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 33-38.
Florida, R., Mellander, C., & King, K. (2015). The Global Creativity Index 2015. Martin Prosperity Institute.
Haryanti, Y. D., & Saputra, D. S. (2019). Instrumen Penilaian Berpikir Kreatif pada Pendidikan Abad 21. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2).
Irawan, A., & Surya, E. (2017). Application of The Open-Ended Approach to Mathematics Learning in The Sub-Subject of Rectangular. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 33, 270-279.
Kashdan, T. B., & Fincham, F. D. (2002). " Facilitating Creativity by Regulating Curiosity": Comment.
Khalifudin, U. A., Prambudi, A., & Hidayah, I. (2019, February). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Rasa Ingin Tahu Melalui Model DL Berbantuan Kartu Domino Materi Operasi Bilangan Pecahan Kelas VII. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 2, pp. 778-787).
Knuth, E. J. (2002). Fostering mathematical curiosity. The Mathematics Teacher, 95(2), 126-130.
Leikin, R., & Pitta-Pantazi, D. (2013). Creativity and Mathematics Education: The State of The Art. ZDM, 45(2), 159-166.
Masrukan & Mufidah, N. A. (2017). Geometry Problem Solving Ability and Tolerance Character of Students 8th Grade with Assessment Project. Journal of Physics: Conference Series (Vol. 824, No.1, p. 012046). IOP Publishing.
Masrukan. (2017). Asesmen Otentik Pembelajaran Matematika. Semarang: FMIPA Universitas Negeri Semarang.
Maw, W.H. & E.W. Maw. (1972). Differences between High- and Low-Curiosity Fifth-Grade Children in Their Recognition of Verbal Absurdities. In Journal of Educational Psychology, 63, pp.558-562.
Mihajlović, A., & Dejić, M. (2015). Using Open-Ended Problems and Problem Posing Activities in Elementary Mathematics Classroom. The Ninth International MCG Conference-Research Gate.
Mustikasari, M., Zulkardi, Z., & Aisyah, N. (2010). Pengembangan Soal-Soal Open-Ended Pokok Bahasan Bilangan Pecahan di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2).
Noer, S.H. (2011). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Open-Ended. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1).
Nuha, M. A., Waluya, S. B., & Junaedi, I. (2018). Mathematical Creative Process Wallas Model in Students Problem Posing with Lesson Study Approach. International Journal of Instruction, 11(2), 527-538.
Nury, N., Munawaroh, F., Hadi, W. P., & Rosidi, I. (2019). Pengaruh Model Project Based Learning dengan Menggunakan Strategi Poster Session terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif. Natural Science Education Research, 2(1), 25-32.
OECD. (2019). PISA 2018 Result: What Students Know and Can Do. (Online) (https://www.oecd.org/pisa/Combined_Executive_Summaries_PISA_2018.pdf. diakses pada 25 Desember 2019).
Pehkonen, E. (1997). The State-Of-Art in Mathematical Creativity. ZDM, 29(3), 63-67.
Prusak, A. (2015). Nurturing Students’ Creativity Through Telling Mathematical Stories. In The 9th Mathematical Creativity and Giftedness International Conference Proceedings. Romania: Sinaia.
Putri, V.S.R, & Wijayanti, P. (2013). Identifikasi Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif (TKBK) Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open Ended pada Materi Segiempat di Kelas VIII SMP. MATHEdunesa, 2(2).
Rogayah, R., & Zulkardi, Z. (2018). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP Dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Menggunakan Soal Tipe Pisa (Doctoral Dissertation, Sriwijaya University).
Saputra, M. F. A., & Mashuri, M. (2015). Komparasi Kemampuan Pemecahan Masalah Antara Pembelajaran Creative Problem Solving dan Problem Posing. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(1).
Sari, N., & Surya, E. (2017). Analysis Effectiveness of Using Problem Posing Model in Mathematical Learning. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 33(3), 13-21.
Shuk-kwan, S. L. (1997). On the Role of Creative Thinking in Problem Posing. ZDM, 29(3), 81-85.
Silver, E. A. (1994). On Mathematical Problem Posing. For the Learning of Mathematics, 14(1), 19-28.
Silver, E. A. (1997). Fostering Creativity Through Instruction Rich in Mathematical Problem Solving and Problem Posing. ZDM, 29(3), 75-80.
Siswono, T. Y. E. (2008). Proses Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan dan Mengajukan Masalah Matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(1).
Siswono, T. Y. E. (2010). Leveling Studnets’ Creative Thinking in Solving and Posing Mathematical Problem. Journal an Mathematics Education, 1(1), 17-40.
Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmagati, O.P., Yulianti, D., & Sugianto, S. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis STEAM ( Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 9(1), 18-26.
Unal, H. (2005) The Influence of Curiosity and Spatial Ability of Preservice Middle and Secondary Mathematics Teachers’ Understanding of Geometry. (Electronic Theses). The Florida State University. Florida State University Libraries, Florida.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Wibowo, Y., Widowati, A., & Widhi, P. 2015. Pengaruh Globalisasi Terhadap Pembelajaran Sains Di SMP N Kabupaten Bantul. (Online). (https://core.ac.uk/download/pdf/33521597.pdf, diakses 25 Desemebr 2019).