Desain Web-apps-based Student Worksheet dengan Pendekatan Computational Thinking pada Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi

Main Article Content

Muhammad Ghozian Kafi Ahsan
Adi Nur Cahyono
Ardhi Prabowo

Abstract

Pentingnya meningkatkan literasi matematika untuk meningkatkan kemampuan pemecaman masalah matematis. Kemampuan Computational thinking memiliki keterkaitan erat dengan pemecahan masalah matematis. Salah satu media yang dapat digunakan guru untuk membantu proses pemecahan masalah matematis adalah Student Worksheet atau Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Penelitian ini bertujuan untuk menyediakan alternatif media pembelajaran matematika di masa pandemi COVID-19. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate) , namun pada penelitian ini dilakukan hanya sampai tahap design. Pada tahap analyze diperoleh bahwa masih ada LKPD yang perintahnya tidak operasional dan masih ada kesalahan dalam redaksinya. Kemampuan computational thinking yang terdiri dari (1)decomposition (2)algorithm (3)data, dan (4)abstraction dikombinasikan sebagai pendekatan pada proses pemecahan masalah matematis yang terdiri dari (1)formulate, (2)employ, (3)interptet yang nantinya menghasilkan suatu langkah atau proses. Pada tahap design, berfokus pada redaksi pada beberapa kalimat agar lebih operasional dan dapat dimengerti oleh peserta didik serta telah berhasil tercipta desain LKPD yang dirancang Penelitian ini menghasilkan LKPD dengan pendekatan computational thinking berbasis computational thinking dapat menjadi alternatif pembelajaran pada masa pandemi. Namun, hal tersebut harus divalidasi oleh ahli, agar desain LKPD ini menjadi suatu produk media pembelajaran yang dapat digunakan secara luas.

Article Details

How to Cite
Ahsan, M., Cahyono, A., & Prabowo, A. (2021). Desain Web-apps-based Student Worksheet dengan Pendekatan Computational Thinking pada Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 344-352. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/44971
Section
Articles

References

Akinmola, E. A. (2014). Developing Mathematical Problem Solving Ability: a Panacea for a Sustainable Development in the 21 St Century. International Journal of Education and Research, 2(2), 1-8.
Apertha, F. K. P., Zulkardi, M. Y., & Yusup, M. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis Open-Ended Problem pada Materi Segiempat Kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 47-62.
As'ari, Abdur Rahman.(2016).TANTANGAN PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU DALAM RANGKA MEMBELAJARKAN MATEMATIKA DI ABAD KE-21 DAN MEMBANGUN KARAKTER PESERTA DIDIK in Prosiding Seminar Nasional Pengembangan Profesionalisme Pendidik untuk Membangun Karakter Anak Bangsa. Malang
Barr, V., & Stephenson, C. (2011). Bringing computational thinking to K-12. ACM Inroads, 2(1), 48. doi:10.1145/1929887.1929905
Branch, Robert Maribe.2009.Instructional Design: The ADDIE Approach.New York:Springer ScienceþBusiness Media
Csizmadia, A., Curzon, P., Dorling, M., Humphreys, S., Ng, T., Selby, C., & Woollard, J. (2015). Computational thinking-A guide for teachers.
Firdaus, M., & Wilujeng, I. (2018). Pengembangan LKPD inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(1), 26-40.
Hutauruk, A. J. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi di Kalangan Mahasiswa Pendidikan Matematika: Kajian Kualiatatif Deskriptif. Sepren, 2(1), 45-45.
Kemdikbud (2020). Berikut Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pencegahan COVID-19 pada Satuan Pendidikan. (Online). (https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/surat-edaran-pencegahan-covid19-pada-satuan-pendidikan, diakses tanggal 9 Oktober 2020)
Lestari, K. S., Nurjanah, S., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Dan Pemecahan Masalah Matematik Peserta didik Smp Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(3), 107-118.
Makhrus, M., Harjono, A., Syukur, A., Bahri, S., & Muntari, M. (2019). Identifikasi Kesiapan LKPD Guru Terhadap Keterampilan Abad 21 Pada Pembelajaran IPA SMP. Jurnal Ilmiah Profesi pendidikan, 3(2).
Mudhofir, Ali and Rusydiyah, Evi Fatimatur (2016) DESAIN PEMBELAJARAN INOVATIF DARI TEORI KE PRAKTIK. Raja Grafindo Persada, Jakarta. ISBN 9789797699130
Natioal Council of Teachers of Mathematics.(2006).Principles and Standards for School Mathematics.Reston,VA:NCTM
OECD.(2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. OECD Publishing:Paris
Panduwinata, B., Tuzzahra, R., Berlinda, K., & Widada, W. (2019). Analisis Kesulitan Representasi Matematika Peserta didik Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Pada Materi Sistem Persamaan Linier Satu Variabel. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(2), 202-210.
Pollock, L., Mouza, C., Guidry, K. R., & Pusecker, K. (2019). Infusing Computational thinking Across Disciplines. Proceedings of the 50th ACM Technical Symposium on Computer Science Education - SIGCSE ’19. doi:10.1145/3287324.3287469
Prastowo, Andi. 2017. Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu Implementasi Kurikulum 2013 untuk SD/MI. Jakarta: Kencana
Ratnamutia, S. A., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kesulitan Peserta didik SMP dalam Mengidentifikasi dan Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linear Satu Variabel. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 20(2).
Reighluth, CM (1999). Instructional Design Theory and Models. Vol.2. London : Lawrence Erlbaum Associates
UNESCO. 2020. Education: From disruption to recovery. (Online) https://en.unesco.org/covid19/educationresponse (diakses tanggal 9 Oktober 2020)
Widjajanti, E. (2008). Kualitas Lembar Kerja Peserta didik. (Makalah dalam Kegiatan Pengabdian Masyarakat). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Wing, J.M. (2017). Computational thinking’s influence on research and education for all. Italian Journal of Educational Technology, 25(2), 7-14. doi: 10.17471/2499-4324/922
Zubaidah, Siti. (2016). Keterampilan abad ke-21: Keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. In Seminar Nasional Pendidikan dengan Tema “isu-isu strategis pembelajaran MIPA Abad (Vol. 21, No. 10).