Analisis Kemampuan Penalaran Matematika Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Materi Limit Fungsi

Main Article Content

Yafet Kala Pandu
St. Suwarsono

Abstract

Keberhasilan pembelajaran matematika sangat penting ketika ditunjang oleh kemampuan penalaran matematika, hal ini dikarenakan adanya hubungan matematika dan bernalar. Kemendikbud menyatakan bahwa pemebelajaran matematika mempunyai tujuan salah satunya adalah diharapkan siswa dapat bernalar dalam belajar matematika. Penelitian ini memiliki tujuan penelitian yakni untuk menganalisis kemampuan penalaran matematika mahasiswa di kelas C semester 2 pendidikan matematika Universitas Sanata Dharma dalam pemechana masalah. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Perlengkapan yang digunakan sebagai istrumen penelitian adalah instumen pendukung dan utama. Metode pengumpulan data diperoleh melalui wawancara dan pelaksanaan tes hasil belajar. Untuk menganalisis data menggunakan Teknik reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan. Waktu pelaksanaan penelitian ini pada bulan Maret 2020. Hasil dari penelitian ini (1) mahasiswa dengan kemampuan tinggi menampilkan kemampuan penalaran matematika memenuhi indikator, mengajukan dugaan, melakukan manipulasi matematika, menyusun bukti, memberikan alasan atau bukti terhadap kebenaran solusi, menarik kesimpulan dari suatu pernyataan, dan memeriksa kesahian suatu argumen. (2) Kemampuan penalaran matematis yang ditampilkan mahasiswa yang berkemampuan sedang dalam menyelesaikan masalah matematika memenuhi pada indikator mengajukan dugaan dan memberikan kesimpulan.

Article Details

How to Cite
Pandu, Y., & Suwarsono, S. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematika Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Materi Limit Fungsi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 436-445. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/44991
Section
Articles

References

Agustin, R. D. (2016). Kemampuan Penalaran Matematika Mahasiswa Melalui Pendekatan Problem Solving. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 5(2), 179. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i2.249
Barrody, A. J. (1993). Problem Solving, Reasoning, and Communicating,K-8 Helping Children Think Mathematicaly. Macmillan Publishing Company.
Lahinda, Y., & Jailani, J. (2015). Analisis Proses Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 148. https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i1.7157
Lithner, J. (2008). A research framework for creative and imitative reasoning. Educational Studies in Mathematics, 67(3), 255–276. https://doi.org/10.1007/s10649-007-9104-2
Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Foy, P., & Drucker, K. T. (2012). PIRLS 2011 International Results in Reading. In TIMSS & PIRLS International Study Center. https://doi.org/10.1097/01.tp.0000399132.51747.71
National Council Of Teachers Of Mathematics. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. School Science and Mathematics. https://doi.org/10.1111/j.1949-8594.2001.tb17957.x
Ratnasari, S. (2016). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas Vii Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Pada Setting Pembelajaran Probing Prompting.
Rohana, R. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa Calon Guru Melalui Pembelajaran Reflektif. Infinity Journal, 4(1), 105. https://doi.org/10.22460/infinity.v4i1.76
Rosita, C. D. (2014). Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Matematis : Apa, Mengapa, Dan Bagaimana Ditingkatkan Pada Mahasiswa. Euclid, 1(1), 33–46. https://doi.org/10.33603/e.v1i1.342
Shadiq, F. (2004). Pemecahan Masalah, Penalaran dan Komunikasi. Widyaiswara PPPG Matematika Yogyakarta.
sudrajat, D., & Moha, I. (2019). Ragam Penelitian Kualitatif. https://doi.org/10.31227/osf.io/jaxbf
Sumarmo, U. (2010). Berfikir dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan Pada Peserta Didik. Fpmipa Upi.
Sumartini, T. S. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148–158. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.270
Wardhani, S. (2008). Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTS Untuk Optimalisasi Pencapaian Tujuan. Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Matematika, 9–10.
Yuntiaji, D. A. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Memecahkan Soal Matematika Berdasarkan Ideal Problem Solving pada Materi Limit Fungsi. MAJAMATH: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 102. https://doi.org/10.36815/majamath.v2i2.396.