Kemampuan Imajinasi Matematis Siswa Tunanetra SMPLB pada Pembelajaran Joyfull Learning Berbantuan Media Audio Geobraille

Main Article Content

Yusriza Firdausi Romdhiana
Sugiman Sugiman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan imajinasi matematis siswa tunanetra di SLB-A Wantuwirawan Salatiga, Jawa Tengah, Indonesia setelah dilakukan pembelajaran menggunakan strategi joyfull learning dengan bantuan media Audio Geobraille. Penelitian ini menggunakan gabungan antara kualitatif dan kuantitatif (mix-method) dengan desain penelitian subjek tunggal (Single Subject Research) tipe dasarA-B, dimana untuk fase baseline (A) dan intervensi (B) masing-masing dilakukan satu kali untuk subjek yang sama. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang siswa tunanetra kelas IX tahun pelajaran 2019/2020. Analisis data kuantitatif yang digunakan adalah hasil tes imajinasi matematis siswa tunanetra pada fase baseline dan intervensi dalam menyelesaikan soal sebelum dan sesudah penerapan strategi joyfull learning berbantuan media audio geobraille sebagai dasar untuk mengetahui peningkatan imajinasi matematis. Selanjutnya, data kualitatif yang digunakan adalah data hasil wawancara tes imajinasi matematis siswa tunanetra. Data ini digunakan untuk mendeskripsikan kemampuan imajinasi matematis siswa tunanetra setelah penerapan strategi joyfull learning berbantuan media Audio Geobraille. Kesimpulan bahwa terjadi peningkatan yang tinggi pada imajinasi matematis siswa tunanetra kelas IX SLB-A Wantuwirawan Salatiga setelah penerapan strategi joyfull learning berbantuan media Audio Geobraille. Imajinasi matematis siswa tunanetra telah memenuhi ketiga aspek imajinasi matematis menurut Jiyeong Mun et al. yaitu (1) Scientific Sensitivity; (2) Scientific Creativity; dan (3) Scientific Productivity.

Article Details

How to Cite
Romdhiana, Y., & Sugiman, S. (2021). Kemampuan Imajinasi Matematis Siswa Tunanetra SMPLB pada Pembelajaran Joyfull Learning Berbantuan Media Audio Geobraille. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 446-454. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/44992
Section
Articles

References

Abrahamson, D. (2006). Embodies Design: Constructing Means for Constructing Meaning. Educ Stud Math, 70(1), 27-47.
Afthina, H., Mardiyana, & Pramudya, I. (2017). Think Pair Share Using Realistic Mathematics Education Approach in Geometry Learning. Journal of Physics: Conf. Series 895.
Andriyani, & Juniati, D. (2020). Learning the Relation between Quadrilateral using Geometry’s Puzzle for Blind Students. Journal of Physics: Conf. Series 1470.
Anggoro, S., Sopandi, W., & Sholehuddin, M. (2017). Influence of Joyfull Learning on Elementary School Students’ Attitudes Toward Science, Journal of Physics: Conf. Series 812.
Camalia, F., Susanto, H., & Susilo. (2016). Pengembangan Audiobook Dilengkapi Alat Peraga Materi Getaran dan Gelombang untuk Tunanetra Kelas VIII SMP. Unnes Physics Education Journal, 5(2), 66-79.
Chapman, O. (2008). Imagination as a Tool in Mathematics Teacher Education. Journal Mathematics Teacher Education, 11(2), 83-88. https://doi.org/10.1007/s10857-008-9074-z
Conklin, H. G. (2014). Toward More Joyful Learning: Integrating Play into Frameworks of Middle Grades Teaching. American Educational Research Journal, 51(6), 1227-1255.
Manastas, Lagita. (2014). Strategi mengajar siswa tunanetra. Yogyakarta: Imperium.
Mun, J., Mun, K., & Kim, S. W. (2015). Exploration of Korean Students Scientific Imagination Using the Scientific Imagination Inventory. International Journal of Science Education, 37(13), 2091-2112. Routledge.
NCTM. (2000). Curriculum and Evaluation Standard for School Mathematics Reston: National Council of Teachers of Mathematics.
Nemirovsky, R., & Ferrara, F. (2009). Mathematical imagination and embodied cognition. Educational Studies in Mathematics, 70(2), 159–174.
Subagya, H. D. S., & Sunadi. (2018). The Difference of User-Friendly Level Between Mathematics Learning in Blind Students: Using Braille Book and Using Audiotactual Book. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 572(2). 52-54.
Sugiman, Suyitno, H., & Junaidi, I. (2019). Implementation of Three-Dimensional Video by Teacher of Extraordinary School Based on Joyfull Learning. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 443(3), 92-96.
Suyitno, H. (2014). Pengenalan Filsafat Matematika. Universitas Negeri Semarang.
Tirta, Susanto, & Arika. (2013). Pengembangan Alat Peraga Matematika Berbasis Audio pada Pokok Bahasan Keliling dan Luas Segitiga untuk Siswa Tunanetra SMPLB TPA Jember, Kadikma, 4(1), 103-114.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Wei C.W et al. (2011). A Joyful Classroom Learning System with Robot Learning Companion for Children to Learn Mathematics Multiplication. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology, 10 (2).
Wicaksono, R. B. (2016). Pengembangan Perangkat Media Audio Peta Timbul (Peradiotim) Materi Bentuk Muka Bumi bagi Siswa Tunanetra di MTsLB-A Yaketunis Yogyakarta. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 1-11.
Wilke, J. (2010). Using Imagination in the Math Classroom. Journal of Educational Perspectives, 39(2).