Kajian Teori: Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Melalui Model Preprospec Berbantuan TIK pada Materi Barisan dan Deret

Main Article Content

Cornelia Suryaningsih
Nuriana Rachmani Dewi

Abstract

Konsep pembelajaran di era revolusi industri 4.0 mengacu pada inovasi, kreativitas dan aplikasi yang berbasis kemajuan pada teknologi dalam tatanan dunia secara global dan sangat kompetitif. Untuk menghadapi hal itu, perlu disiapkan generasi yang memiliki kemampuan berpikir kritis untuk mengambil keputusan yang tepat dalam berbagai situasi di masa depan melalui pendidikan. Matematika sebagai mata pelajaran wajib memegang peran penting dalam meningkatkan kemampuan siswa untuk bepikir kritis, sistematis, logis, kreatif, dan berkolaborasi secara efektif. Sikap dan cara berpikir kritis seperti ini dapat dikembangkan melalui pembelajaran matematika, berupa inovasi pengembangan bahan ajar karena matematika merupakan ilmu yang memiliki struktur dan keterkaitan yang jelas antar konsepnya sehingga memungkinkan siapapun yang mempelajarinya terampil dalam berpikir secara rasional. Makalah ini memaparkan pengembangan bahan ajar berbasis saintifik, model pembelajaran preprospec berbantuan TIK, kemampuan berpikir kritis matematis siswa dalam pembelajaran matematika pada materi Barisan dan Deret. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model 4D Metode penulisan yang digunakan adalah studi pustaka. Hasil akhir dalam penelitian bahwa Pengembangan bahan ajar berbasis saintifik melalui model pembelajaran preprospec berbantuan TIK dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Barisan dan Deret.

Article Details

How to Cite
Suryaningsih, C., & Dewi, N. (2021). Kajian Teori: Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Melalui Model Preprospec Berbantuan TIK pada Materi Barisan dan Deret. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 119-128. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/44994
Section
Articles

References

Hadi, S., & Novaliyosi, N. (2019, November). TIMSS Indonesia (Trends in international mathematics and science study). In Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers.
Lestari, K. E. (2014). Implementasi Brain-Based Learning untuk meningkatkan kemampuan koneksi dan kemampuan berpikir kritis serta motivasi belajar siswa SMP. Judika (Jurnal pendidikan UNSIKA), 2(1).
Machin, A. (2014). Implementasi pendekatan saintifik, penanaman karakter dan konservasi pada pembelajaran materi pertumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1).
Meliawati, N. W., Suarjana, I. M., & Mahadewi, L. P. P. (2015). Analisis Penerapan Pendekatan Saintifik Terhadap Dalam Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013. MIMBAR PGSD Undiksha, 3(1).
Mulyasa, E. (2014). Guru dalam implementasi kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rakhmasari, Rifa. (2010). Pengaruh Hands on Activity dan Minds on Activity dalam Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Kontekstual Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia.
Undang - Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 1 ayat 1
Zamroni & Mahfudz .2009. Panduan Teknis Pembelajaran Yang Mengembangkan Critical Thinking.
Jakarta. Depdiknas.