Kemampuan Imajinasi Matematis Siswa SLB Tunarungu dengan Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Alat Peraga Manipulatif

Main Article Content

Ziyana Endah Khairun Nisa’
Sugiman Sugiman

Abstract

Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) merupakan anak yang perlu mendapatkan bimbingan untuk meningkatkan berbagai macam kemampuan dalam pembelajaran, salah satunya adalah kemampuan imajinasi matematis. Kemampuan imajinasi matematis penting karena berkaitan erat dengan kehidupan sekitar. Tunarungu merupakan bagian dari ABK yang mengalami gangguan pada fungsi pendengarannya. Salah satu upaya dalam meningkatkan kemampuan imajinasi matematis ABK tunarungu adalah dengan menerapkan model pembelajaran berbantuan alat peraga manipulatif. Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan kemampuan imajinasi matematis siswa SLB tunarungu melalui model discovery learning berbantuan alat peraga manipulatif, dan (2) mendeskripsikan peningkatan imajinasi matematis siswa SLB tunarungu melalui model discovery learning berbantuan alat peraga manipulatif. Penelitian ini merupakan penelitian campuran yang menggunakan desain eksplorasi sekuensial dengan desain satu kelompok tes awal dan tes akhir. Populasi dari penelitian ini adalah siswa SMPLB Negeri Salatiga dengan sampel siswa kelas VIII-B. Metode penelitian ini adalah dengan observasi, dokumentasi, tes, dan wawancara. Pengujian kuantitatif menunjukkan bahwa tes akhir hasil imajinasi matematis lebih baik daripada hasil tes awal. Pengujian kualitatif menghasilkan deskripsi imajinasi matematis yang mencakup aspek-aspek yaitu scientific sensitivity, scientific creativity, dan scientiific productivity. Berdasarkan analisis data kuantitatif dan kualitatif disimpulkan bahwa model discovery learning berbantuan alat peraga manipulatif mampu meningkatkan kemampuan imajinasi matematis siswa tunarungu di SMPLB Negeri Salatiga.

Article Details

How to Cite
Khairun Nisa’Z., & Sugiman, S. (2021). Kemampuan Imajinasi Matematis Siswa SLB Tunarungu dengan Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Alat Peraga Manipulatif. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 455-462. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/44996
Section
Articles

References

Anggoro, B. S. 2016. Meningkatkan Kemampuan Generalisasi Matematis Melalui Discovery Learning dan Model Pembelajaran Peer Led Guided Inquiry. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 11-20.
Aziz, Alfian Nur. 2015. Analisis Proses Pembelajaran Matematika Pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Slow Learner di Kelas Inklusif SMP Negeri 7 Salatiga. Skripsi. UNNES, Semarang.
Badan Pusat Statistik (BPS) diakses dari http://www.bps.go.id/, diakses pada 05 November 2018.
Imajinasi. 2016. Pada KBBI Daring. Diambil 17 Jan 2020, dari https://kbbi.web.id/imajinasi
Liang, C., Chang, C. C., & Hsu, Y. (2014). Differential effects of personality traits and environmental predictors on reproductive and creative imagination. The Journal of Creative Behavior, 48(4), 237-253.
Mawaddah, S., & Maryanti, R. 2016. Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU-MAT, 4(1).
Mun, jiyeong, dkk. 2015. Exploration of Korean Students’ Scientific Imagination Using the Scientific Imgination Inventory. International Journal of Science Education: Vol. 37, No. 13,2091-2112. Routledge.
Ni’mah, Lailatun.2019. The Growth Of Mathematical Imagination Towards The Students Of The Deaf School In Learning Method Problem Based Learning Assisted By Manipulative Teaching Aids. Final Project, Mathematics Department, Faculty of Mathematic and Science, Universitas Negeri Semarang. Advisor Drs. Sugiman, M.Sc.
Nemirovsky, R., Ferrara, F. Mathematical imagination and embodied cognition. Educ Stud Math 70, 159–174 (2009). https://doi.org/10.1007/s10649-008-9150-4
Palupi, S. (2019). Analisis Perilaku Imajinasi Matematis Dan Pemecahan Masalah Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended Pada Siswa Smp Kelas 8 (Doctoral Dissertation, University Of Muhammadiyah Malang).
Pujiastuti, E., & Mashuri. 2017. Making a Math Teaching Aids of Junior High School Based on Scientific Approach Though on Integrated and Sustainable Taining. Journal of Physics. International Conference on Mathematics. 1(824). 16. doi:10.1088/17426596/8/24/1/012053.
Rohmah A. A., Sugiman, & Pujiastuti, E. (2018). Impementation of Discovery Learning Model with Student-Friendly Teaching Aids to Grow Mathematical Reasoning Ability SLB Students. Skripsi. UNNES, Semarang.
Sugiman, Suyitno, H., & Mulyono. 2018. Profil Kemampuan Matematis Siswa SLB di Jawa Tengah Berdasarkan Hasil Ujian Nasional Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Wasita, Ahmad. 2013. Seluk Beluk Tunarungu & Tunawicara Serta Strategi Pembelajarannya, Yogjakarta: Javalitera.