Pengkodean Polyalphabetic dengan Modifikasi Algoritma ElGamal-Caesar Cipher

Main Article Content

Rahmawati Awwaliyah Putri
Kiswara Agung Santoso
Ahmad Kamsyakawuni

Abstract

Kriptografi adalah ilmu atau seni untuk menjaga keamanan pesan. Algoritma ElGamal merupakan bentuk algoritma asimetris dimana algoritma ini memiliki dua kunci berbeda, yakni kunci publik dan kunci privat. Algoritma ini menghasilkan karakter yang berbeda setiap karakter pada plaintext di enkripsi. Artikel ini akan membahas tentang proses enkripsi dan dekripsi pada modifikasi algoritma ElGamal-Caesar Cipher serta membandingkan keamanan modifikasi algoritma ElGamal-Caesar Cipher dengan algoritma ElGamal. Pembahasan ini dimulai dari pembentukan kunci publik b dengan menggunakan rumusan kunci algoritma ElGamal, kemudian masuk ke dalam tahap enkripsi. Analisis keamanan dilakukan dengan menghitung bobot koefisien korelasi dari modifikasi algoritma ElGamal- Caesar Cipher serta algoritma ElGamal dengan menggunakan plaintext yang sama. Hasil analisis menunjukkan bahwa modifikasi algoritma ElGamal-Caesar Cipher lebih baik daripada algoritma ElGamal.

Article Details

How to Cite
Putri, R., Santoso, K., & Kamsyakawuni, A. (2021). Pengkodean Polyalphabetic dengan Modifikasi Algoritma ElGamal-Caesar Cipher. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 540-547. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/45022
Section
Articles

References

Ariyus, D. 2006. Kriptografi. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Flourensia, Saptu Rahayu. 2005. Suplemen Bahan Ajar Mata Kuliah proteksi dan Teknik Keamanan Sistem Informasi, Jakarta: Tugas Kriptografi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia.
Idrus, S. Z. S., Aljunid, S. A., Asi, S. M., Sudin, S., Ahmad. R. B. 2008. Performance Analysis of Encryption Algorithms’ Text Length Size on Web Browsers. International Journal of Science and Network Security (IJCSNS) 8(1):20-25.
Ifanto, M. 2009. Metode Enkripsi dan Dekripsi dengan Menggunakan Algoritma Elgamal. Makalah Struktur Diskrit Program Studi Informatika: Institut Teknologi Bandung.
Massandy, Danang Tri. 2009. Algoritma Elgamal Dalam Pengamanan Pesan Rahasia. Makalah Struktur Diskrit Program Studi Teknik Informatika: Institut Teknologi Bandung.
Mulyana, D. 2008. Ilmu Komunikasi; Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Munir, R. 2004. Teori Bilangan (Number Theory). Departemen Teknik Infomatika: Institut Teknologi Bandung.
Munir, R. 2006. Diktat Kuliah IF5054 Kriptografi. Jakarta: Program Studi Teknik Informatika, Sekolah Teknik Elektro dan Informatika.
Suhardi. 2016. Aplikasi Kriptografi Data Sederhana dengan Metode Exclusive-OR (XOR). Jurnal Teknovasi. 3(2): 23-31.
Warnilah, Ai Ilah, Nugraha, Siti Nurhasanah. 2018. Komparasi Algoritma Kriptografi Elgamal dan Caesar Cipher untuk Enkripsi dan Dekripsi Pesan. Indonesian Journal on Computer and Information Technology (IJCIT) 3(2): 243-252