Pengkodean Monoalphabetic Menggunakan Affine Cipher dengan Kunci Diffie-Hellman

Main Article Content

Tika Khairani
Kiswara Agung Santoso
Kiswara Agung Santoso
Ahmad Kamsyakawuni

Abstract

Kriptografi adalah ilmu yang digunakan untuk menjaga kerahasiaan pesan agar tetap aman dan tidak dapat diketahui oleh pihak yang tidak berkepentingan. Algoritma dalam kriptografi cukup banyak, diantaranya Affine Cipher dan Diffie-Hellman. Affine Cipher merupakan perluasan dari Caesar Cipher dan termasuk monoalphabetic substitution cipher yang setiap karakternya dapat dikonversi menjadi bilangan desimal. Diffie-Hellman merupakan algoritma kunci publik pertama yang memungkinkan dua pengguna saling bertukar kunci.  Pada artikel ini akan dibahas mengenai penggunaan Affine Cipher dengan kunci Diffie-Hellman untuk meningkatkan keamanan pada pengkodean pesan text, serta hasil perbandingannya dengan Affine Cipher dengan kunci biasa. Rumus Affine Cipher mengalami modifikasi dengan adanya pengurangan dan penambahan 32, agar karakter yang muncul merupakan ASCII printable characters. Nilai modulo yang digunakan juga mengalami perubahan dari 26 menjadi 95. Metode yang digunakan yaitu proses pertukaran dan pembangkitan kunci, proses enkripsi dan proses dekripsi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Affine Cipher dengan kunci Diffie-Hellman lebih aman dibandingkan dengan Affine Cipher dengan kunci biasa, karena kunci penggeser bersifat rahasia yang hanya diketahui oleh pihak-pihak yang bertukar pesan.

Article Details

How to Cite
Khairani, T., Santoso, K., Santoso, K., & Kamsyakawuni, A. (2021). Pengkodean Monoalphabetic Menggunakan Affine Cipher dengan Kunci Diffie-Hellman. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 553-559. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/45027
Section
Articles

References

Ahirwal, R. R., & Ahke, M. (2013). Elliptic Curve Diffie-Hellman Key Exchange Algorithm for Securing Hypertext Information on Wide Area Network. International Journal of Computer Science and Information Technologies, 4(2), 363-368.
Astuti, L. F., Santoso, K. A., & Kamsyakawuni, A. (2019). Pengamanan Polyalphabetic dengan Affine Cipher Berdasarkan Baris Fibonacci. Majalah Ilmiah Matematika dan Statistika, 19(2), 95-103.
Paruliyan, B. P., S. M. Nasution, & T. W. Purboyo. (2015). Perancangan dan Implementasi Secure Cloud dengan Menggunakan Diffie-Hellman Key Exchange dan Triple DES Algorithm (3DES). E-Proceeding of Engineering, 2(2), 3808-3815.
Permanasari, Y., & E. Harahap. (2018). Kriptografi Polyalphabetic. Jurnal Matematika, 17(1), 31-34.
Sadikin, R. (2012). Kriptografi Untuk Keamanan Jaringan. Yogyakarta: C.V ANDI Offset.
Siregar, I. M. (2019). Penerapan Algoritma Affine Cipher dan Algoritma Columnar Transposition dalam Keamanan Teks. Jurnal Informatika Kaputama (JIK), 3(1), 6-12.