Analisis Kualitatif Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif pada Pembelajaran Daring Model MURDER dengan Pendekatan Humanistik Berbantuan Schoology

Main Article Content

Sa’ida Min Amrina Rosyada
Wardono Wardono

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematika ditinjau dari gaya kognitif pada pembelajaran daring model MURDER pendekatan humanistik berbantuan schoology. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data dari penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMPN 33 Semarang. Subjek penelitian ini adalah 3 siswa kelompok field independent (FI) dan 3 siswa kelompok field dependent (FD). Hasil penelitian menunjukkan: (1) siswa dengan gaya kognitif field independent memiliki kemampuan literasi matematika yang sangat baik pada komponen communication, mathematizing, representation, reasoning and argument, using symbolic formal and technical language and operation, cukup baik untuk komponen using mathematics tool, dan kurang baik untuk komponen devising strategies for solving problems; (2) siswa dengan gaya kognitif field dependent memiliki kemampuan literasi matematika yang cukup baik pada komponen communication dan komponen devising strategies for solving problems. Adapun untuk komponen mathematizing, representation, reasoning and argument using symbolic, formal, and technical language, dan using mathematic tool masih kurang baik.

Article Details

How to Cite
Rosyada, S., & Wardono, W. (2021). Analisis Kualitatif Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif pada Pembelajaran Daring Model MURDER dengan Pendekatan Humanistik Berbantuan Schoology. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 397-405. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/45044
Section
Articles

References

Afriyanti, I., Wardono, & Kartono. (2018). Pengembangan Literasi Matematika Mengacu PISA melalui Pembelajaran Abad ke-21 Berbasis Teknologi. In Prosiding Seminar Nasional Matematika. Semarang.
Anggrieni, N., & Putri, R. I. I., “Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelompok Kecil dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tipe PISA,” in Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan 2018.FKIP-Universitas Sriwijaya, 2018, pp. 472-481.
Cahyaningsih, R., & Asikin, M. (2015). Komparasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Menggunakan Pembelajaran Matematika Humanistik dan Problem Based Learning dalam Setting Model Pelatihan Innomatts. Jurnal Nalar Pendidikan, 3(1), 24-29.
Darmika, K., Suma, K., & Suastra, I. W. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif MURDER terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar IPA Siswa SMP. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4.
Hasanah, U., Wardono, & Kartono. (2016). Keefektifan Pembelajaran MURDER Berpendekatan PMRI dengan Asesmen Kinerja pada Pencapaian Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP Serupa PISA. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(2), 101-108.
Hendriana, H. (2012). Pembelajaran matematika humanistik dengan metaphorical thinking untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. Infinity Journal, 1(1), 90-103.
Herliani, E. F., & Wardono. (2019). Perlunya Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif dalam Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME). PRISMA, 2, 234-238.
Johar, R. (2012). Domain Soal PISA untuk Literasi Matematika. Jurnal Peluang, 1(1), ISSN:23 02-5158.
Junaedi, I., & Asikin, M. (2012). Pengembangan Pembelajaran Matematika Humanistik untuk Meningkatkan Kemahiran Matematis. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 1(2), 114-120.
Khodadady, E., & Tafaghodi, A. (2013). Cognitive Style and Fluid Intellegence Are They Related?Journal of Studies in Social Sciences, 3(2), 138-150.
Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Perguruan Tinggi. Journal Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 99-110.
Mailili, W. H. (2018). Deskripsi Hasil Belajar Matematika Siswa Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent. ANARGYA:Jurnal Ilmiah Pendidikan MatematikaI, 1(1), 1-7.
Mariswandika. (2012). Pendekatan Pembelajaran Humanistik. (Online). (http://mariswandika.com/2012/01/pendekatan-pembelajaran-humanistik.html, diakses 21 September 2012).
Ni’am, M. J., Waluya, St. B., & Sugianto. (2014). Analisis Pembelajaran Humanistik dan Konstruktivis, Karakter, dan Kemampuan Literasi Matematika. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 3(2), 84-90.
Nolaputra, A. P., Wardono, & Supriyono. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematika pada Pembelajaran PBL Pendekatan RME Berbantuan Schoology Siswa SMP.Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 18-31.
OECD. (2013). PISA 2012 Assesment Framework: Mathematics, Reading, Science and Problem Solving Knowledge and Skills.
OECD Publishing. (Online). (https://www.oecd.org/pisa/pisaproducts/PISA%202012%20framework%20e-book_final.pdf).
OECD. (2018). PISA 2015 Result in Focus. (Online). (https://www.oecd.org/pisa/pisa-2015-result-in-focus.pdf)
Onwumere, O., & Reid, N. (2014). Field Depency and Performance in Mathematics.European Journal of Educational Research, 3(1), 43-57.
Prayito. (2011). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Humanistik Berbasis Konstruktivisme Berbantuan E-Learning Materi Segitiga Kelas VII. Aksioma:Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(2), 1-9.
Sofyana, L., & Rozaq, A. (2019). Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun. Journal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 8(1), 81-86.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta, CV.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Sumartini, T. S. (2017). Pembelajaran Mood, Understand, Recall, Detect, Elaborate, and Review (MURDER) Berbasis Proyek dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Mosharafa, 6(3), 397-406.
Ulya, H., Kartono, & Retnoningsih, A. (2014). Analysis of Mathematics Problem Solving Ability of Junior High School Students Viewed from Students’ Cognitive Style. International Journal of Education and Research, 2(10), 577-582.
Ulya, H. (2015). Hubungan Gaya Kognitif dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 1(2).
Wardono & Kurniasih, A. W. (2015). Peningkatan Literasi Matematika Mahasiswa Melalui Pembelajaran Inovatif Realistik E-Learning Edmodo Bermuatan Karakter Cerdas Kreatif Mandiri. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(1), 93-100.
Wardono, Waluya, St. B., Mulyono, & Mariani, S. (2018). Literasi Matematika Siswa SMP pada Pembelajaran Problem Based Learning Realistik Edmodo Schoology. In Prosiding Seminar Nasional Matematika. Semarang.
Wardono & Mariani, S. (2016). Increased Mathematical Literacy and HOTs Through Realistic Learning Assisted by E-Schoology. Jurnal of Physics: Conference Series.doi:10.1088/1742-6596/1567/3/032016.
Warli. (2013). Kreativitas Siswa SMP yang Bergaya Kognitif Reflektif atau Impulsif dalam Memecahkan Masalah Geometri. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 20(2), 190-201.
Wicaksana, Y., Wardono, & Ridlo, S. (2017). Analisis Kemampuan Literasi Matematika dan Karakter Rasa Ingin Tahu Siswa pada Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Schoology. UJMER (Unnes Journal of Mathematics Education Research), 6(2), 167-174.