Kemampuan Komputasional Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika SMP Melalui Digital Project Based Learning Ditinjau Dari Self Efficacy
Main Article Content
Abstract
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di SMP Negeri 3 Semarang, kemampuan komputasional siswa dalam memecahkan masalah matematika masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah Digital PjBL efektif terhadap kemampuan komputasional siswa dalam memecahkan masalah matematika, dan untuk mendeskripsikan kemampuan komputasional siswa dalam memecahkan masalah matematika SMP melalui Digital PjBL ditinjau dari Self Efficacy. Penelitian ini adalah metode campuran dengan desain sequential explanatory. Populasi adalah siswa kelas 8 SMP Negeri 3 Semarang tahun akademik 2019/2020. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Subjek penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Digital PjBL efektif terhadap kemampuan komputasional siswa dalam memecahkan masalah matematika SMP. Deskripsi kemampuan komputasional siswa dalam memecahkan masalah matematika SMP melalui Digital PjBL ditinjau dari Self Efficacy yaitu kemampuan komputasional siswa dalam memecahkan masalah matematika dengan Self Efficacy tinggi memenuhi keempat indikator komputasional siswa dalam memecahkan masalah matematika. Kemampuan komputasional siswa dalam memecahkan masalah matematika dengan Self Efficacy sedang memenuhi ketiga indikator kemampuan komputasional siswa dalam memecahkan masalah matematika. Kemampuan komputasional siswa dalam memecahkan masalah matematika dengan Self Efficacy rendah memenuhi kedua indikator kemampuan komputasional siswa dalam memecahkan masalah matematika
Article Details
References
Amalia. 2018. Hubungan Antara Pemecahan Masalah Matematik Dengan Self Efficacy Dan Kemandirian Belajar Siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif (JPMI) . Vol 1(5) : 887-894.
Ambarwati, R., Dwijanto, & P. Hendikawati. 2015. Keefektifan Model Project Based Learning GQM Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis dan Percaya Diri Siswa Kelas VII. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(2): 180-186.
Anderson, O.W. & Krathwohl, D.R. 2011. A Taxonomy For Learning, Teaching, and Assessing (A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives). New York: Addision Wesley Longman, Inc.
Aqiilah. 2016. Perbandingan Keefektifan Model Core Dalam Pembelajaran Transformasi Geometri Strategi Berpasangan dan Kelompok Kecil Siswa Kelas XI IPA Ditinjai dari Kemampuan Penalaran, Prestasi dan Self Efficacy. Tesis Magister. Universitas Negeri Yogyakarta.
Bacconi, Chioccariello, Dettori, Ferrari, Engelhardt. 2016. Developing Computational Thinking in Compulsory Education-Implications for policy and Practice. EUR 28295 EN; doi:10.2791/792158.
Csizmadia, Curzon, Dorling, Humphreys, Selby, & Woollard. 2015. Computational Thinking A Guide for Teachers, Computing at School.
Dagienė and Sentance. 2016. It’s Computational Thinking! Bebras Tasks in the Curriculum. Springer International Publishing AG, A. Brodnik and F. Tort (Eds.): ISSEP 2016, LNCS 9973, pp. 28–39. doi: 10.1007/978-3-319-46747-4_3.
Eka, Radhifa, Mega Teguh. 2018. “Kemampuan Pemecahan Masalah Aljabar Siswa SMP Menggunakan Tahapan Polya Berdasarkan Kecerdasan Logis Matematisâ€. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Mathedunesa Vol. 2 No. 7 Tahun 2018, ISSN : 2301-9085
Grover, S., & Pea, R. (2013). Computational Thinking in K–12: A review of the state of the field. Educational Researcher, 42(1), 38–43.
Hidayah & Sugiarto. 2014. The Implementattiom of Teacher Leadership in Mathematic Learning Through A Series of Productive Question. International Conference on Mathematics, Science, and Education.
Kemdikbud. 2013a. Kurikukum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kemdikbud. 2013b. Pembelajaran Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Matematika Melalui Pendekatan Scientific. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kurniawati, Ika. 2017. Analisis Kemampuan Metakognisi Matematis dalam Pemecahan Masalah melalui Hands On Activity Self Reguated Learning. Unnes Journal of Mathematics Education, 6(3).
Malik, Syaeful. Skripsi : “Peningkatan Kemampuan Berpikir Komputasi Siswa Melalui Menggunakan Multimedia Interakatif Berbasis Quantum Teaching And Learningâ€. Bandung : UPI Bandung, 2016.
Noviza, Trivanila. 2019. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Self Efficacy Dalam Materi Geometri Kelas XI SMK. Pontianak : FKIP Pontianak.
Nurhesa, Siti Mutia. 2019. Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Dengan Self Efficacy Siswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika. ISBN: 978-602-9250-39-8.
Ozsoy, G. & Ataman, A. 2016. The Effect of Metacognitive Strategy Training on Mathematical Problem Solving Achievement. International Journal of Elementary Education, 1(2): 67-82.
Papastergiou, M. 2016. Digital game-based learning in high school computer science education: Impact on educational effectiveness and student motivation. Computers & Education, 52(1), 1–12.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81 A Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum.
Roman-Gonzales, Marcos, Juan-Carlos Perez-Gonzales, Carmen Jimenez-Fernandez. 2016. “Which Cognitive Abilities Underlie Computational Thinking? Criterion Validity of The Computational Thinking Testâ€. Computer in Human Behavior, (2016). 1-14.
S. A., Rahman. 2013. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah, Berpikir Reflektif Matematis dan Adversity Quotient Siswa SMP dengan Pendekatan Open-Endedâ€. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.
Sari, Shinta., Sri Elniati, Ahmad Fauzan. 2014. “Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Padang tahun pelajaran 2013/ 2014â€. Jurnal Pendidikan Matematika, Part 1: Vol. 3 No. 2 (2014). 54-59.
Schulz, Karsten, dkk, Bebras Australia Computational Thinking Challenge Tasks and Solutions. Australia: Digitalcareers, 2016.
Stephenson, Cris, Valerie Barr. “Defining Computational Thinking for K-12â€. CSTA Voice Vol 7 (2) : 3 – 4, Mei 2011, ISSN 1555 –2128.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta, 2008.
Voogt, J., Fisser, P., Good, J., Mishra, P., & Yadav, A. 2015. Computational Thinking in compulsory education: Towards an agenda for research and practice. Education and Information Technologies, 20(4), 715–728.
Weintrop, D., Beheshti, E., Horn, M., Orton, K., Jona, K., Trouille, L., et al. 2016. Defining Computational Thinking for mathematics and science classrooms. Journal of Science Education and Technology, 25(1), 127–147.
Wing, J. M. 2016. Computational Thinking. Communications of the ACM, 49(3), 33–35.
Yeon Lee, Tak. 2012. “CTArcade: Learning Computational Thinking While Training Virtual Characters Through Game Playâ€. CHI 2012. May 5-10, 2012, Austin, Texas, USA
Yeon Lee, Tak. 2014. “CTArcade: Computational Thinking with Games in School Age Childrenâ€, International Journal of Child- Computer Interaction 2 (2014).