Implementasi Education 4.0 dan Merdeka Belajar dalam Matematika di Perguruan Tinggi

Main Article Content

Basuki Widodo

Abstract

Kuantitas bukan lagi menjadi indikator utama bagi suatu perguruan tinggi dalam mencapai kesuksesan, melainkan kualitas lulusannya. Kesuksesan sebuah negara dalam menghadapi era industri 4.0 erat kaitannya dengan inovasi yang diciptakan oleh sumber daya yang berkualitas, sehingga perguruan tinggi dapat menjawab tantangan untuk menghadapi kemajuan teknologi dan persaingan dunia kerja di era globalisasi. Dalam menciptakan sumber daya yang inovatif dan adaptif terhadap teknologi, diperlukan penyesuaian sarana dan prasarana pembelajaran dalam hal teknologi informasi, internet, analisis big data, dan komputerisasi. Perguruan tinggi yang menyediakan infrastruktur pembelajaran tersebut diharapkan mampu menghasilkan lulusan yang terampil dalam aspek literasi data, literasi teknologi, dan literasi manusia. Terobosan inovasi akan berujung pada peningkatan produktivitas industri dan melahirkan perusahaan pemula berbasis teknologi. Rekonstruksi kurikulum pendidikan tinggi yang responsif terhadap era industri 4.0 juga diperlukan, seperti desain ulang kurikulum dengan pendekatan merdeka belajar dan keahlian berbasis digital. Persiapan dalam menghasilkan lulusan yang mampu beradaptasi dengan era industri 4.0 adalah salah satu cara yang dapat dilakukan perguruan tinggi untuk meningkatkan daya saing terhadap kompetitor dan daya tarik bagi calon mahasiswa. Pengajaran matematika di perguruan tinggi juga harus menyesuaikan diri dengan gerakan era industri 4.0 yang memanfaatkan teknologi digital dan siber (cyber) dan merdeka belajar.

Article Details

How to Cite
Widodo, B. (2021). Implementasi Education 4.0 dan Merdeka Belajar dalam Matematika di Perguruan Tinggi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 1-7. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/45178
Section
Articles

References

Kemendikbud. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.
Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Pendidikan Tinggi (Dikti). (2020). Belmawa.
Fatimah, S. (2020). Desain Implementasi Kurikulum Kampus Merdeka-Merdeka Belajar UPI-Bandung: Dekan FPMIPA-UPI Bandung.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.
Pengajaran Matematika Era Revolusi Industri 4.0 Manfaatkan Teknologi Siber. (Online). (https://www.antaranews.com/berita/758182/pengajaran-matematika-era-revolusi-industri-40-manfaatkan-teknologi-siber/, diakses 12 Oktober 2020).
Tantangan Revolusi Industri 4.0. (Online). (https://www.quipper.com/id/blog/quipper-campus/campus-info/revolusi-industri-4-0, diakses 12 Oktober 2020).