KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS PADA KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MATERI SEGIEMPAT

Main Article Content

Hanifah Raras Palupi
Hardi Suyitno
Ardhi Prabowo

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran matematika materi segiempat dengan model pembelajaran Means­Ends Analysis dapat mencapai ketuntasan; dan apakah penerapan model pembelajaran Means­Ends Analysis lebih efektif daripada model pembelajaran ekspositori pada kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi segiempat kelas VII SMP Negeri 5 Pemalang. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 5 Pemalang. Sampel diambil dengan teknik cluster sampling, yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran Means­Ends Analysis, dan kelas VII B sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran ekspositori. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan metode dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji ketuntasan belajar individual, uji ketuntasan belajar klasikal, dan uji kesamaan dua rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran matematika materi segiempat dengan model pembelajaran Means­Ends Analysis mencapai ketuntasan; dan penerapan model pembelajaran Means­Ends Analysis lebih efektif daripada model pembelajaran ekspositori pada kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi segiempat kelas VII SMP Negeri 5 Pemalang.

Article Details

How to Cite
Palupi, H., Suyitno, H., & Prabowo, A. (2016). KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS PADA KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MATERI SEGIEMPAT. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(2). https://doi.org/10.15294/ujme.v5i2.11400
Section
Articles

References

BSNP. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.
Fitriani, A. D. 2006. Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA melalui Strategi Means-Ends Analysis. Skripsi pada FPMIPA UPI Bandung. Tidak Diterbitkan.
Hudojo, Herman. 2003. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: JICA.
Rusyida, W., et al. 2013. Komparasi Model Pembelajaran CTL dan MEA terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Lingkaran. Online. Tersedia di http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme.
Shadiq, Fajar. 2004. Pemecahan Masalah, Penalaran dan Komunikasi.Disampaikan pada Diklat Instruktur/Pengembang Matematika SMA Jenjang Dasar. Yogyakarta: Depdiknas.
Shadiq, Fajar. 2009. Kemahiran Matematika. Diklat Instruktur/Pengembang Matematika SMA Jenjang Lanjut. Yogyakarta: Depdiknas.
Sugandi, A. & Haryanto. 2008. Teori Pembelajaran. Semarang: UPT MKK Unnes.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta.
Suherman, Erman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA.
Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.
Suyitno. 2004. Dasar-Dasar dan Proses Pembelajaran Matematika I. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Most read articles by the same author(s)