PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS MULTI LEVEL PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN

Main Article Content

Putri Rizki Amalia
Wuryanto Wuryanto
Yohanes Leonardus Sukestiyarno

Abstract

Melalui pembelajaran matematika materi aritmetika sosial, siswa diharapkan dapat mengaitkan konsep matematika dengan kehidupan sehari-hari, terutama dalam kegiatan ekonomi. Konsep bisnis multi level sangat strategis diterapkan dalam pembelajaran matematika. Dengan tahapan-tahapan multi level, yaitu bergabung dengan grup belajar, belajar materi, latihan materi, belajar dan latihan skill kewirausahaan, serta menerima penghargaan, siswa membentuk dapat jaringan belajar. Kegiatan di atas dikemas dalam pengembangan modul. Modul dikembangkan dengan tahapan Borg & Gall (1983). Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan modul yang valid menurut pakar matematika dan praktis pada uji coba terbatas yang diwakili siswa dan guru SD, SMP, SMA/sederajat, serta orang tua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian modul dari pakar tentang konsep materi aritmetika sosial, konsep multi level, pembentukan jiwa kewirausahaan, dan penampilan serta keterbacaan masing-masing 80% menyatakan kondisi baik dan memenuhi kriteria valid. Uji terbatas oleh pengguna terhadap indikator: tampilan modul, konstruksi multi level, pembentukan jiwa kewirausahaan, dan keterpakaian modul masing-masing 88,64%; 87,41%; 87,87%; dan 89,78%; memenuhi kriteria praktis. Selain itu, jiwa kewirausahaan siswa sebelum dan sesudah membaca modul meningkat. Jadi, modul tersebut layak menjadi referensi belajar aritmetika sosial berintegrasi dengan jiwa kewirausahaan.

Article Details

How to Cite
Amalia, P., Wuryanto, W., & Sukestiyarno, Y. (2016). PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS MULTI LEVEL PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(2). https://doi.org/10.15294/ujme.v5i2.11403
Section
Articles

References

Azzaini, Jamil. 2013. Makelar Rezeki : Rahasia Penyalur Energi Sukses Mulia. Bandung : Mizan Pustaka .
Barnawi, & M. Arifin. 2012. Schoolpreneurship, Membangkitkan Jiwa dan Sikap Kewirausahaan Siswa. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.
Borg R. W.& Gall M. D. 1983. Educational Research, An Introduction, Fourth Edition. New York: Longman.
Chomsin & Jasmadi. 2008. Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta : Elex Media Komputindo.
Dharma, Surya. 2008. Penulisan Modul. Jakarta : Direktorat Tenaga Kependidikan.
Fachrurazi. 2011. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal ISSN 1412¬565X Edisi Khusus Nomor 1 : 76-89.
Hendrowo, Jali. 2010. Anakku Calon Entrepreneur Sukses. Yogyakarta : Citra Media.
Hobri. 2010. Metodologi Penelitian Pengembangan (Aplikasi pada Penelitian Pendidikan Matematika). Jember: Pena Salsabila.
Mulyani. 2010. Bahan Pelatihan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai¬Nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa. Jakarta : Kemdiknas Balitbang Puskur.
Nieveen. 1999. Prototyping To Reach Product Quality. Design Approaches And Tools In Education And Training (Van den Akker, Branch, Gustafson, Nieveen And Plomp). Netherlands: Kluwer Academic Publishers.
Purwanto, M. N. 1997. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rifa’i, A. & C.T. Anni. 2011. Psikologi Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.
Riva’i, Veithzal. 2012. Islamic Marketing: Membangun dan Mengembangkan Bisnis dengan Praktik Marketing Rasulullah saw. Jakarta: Gramedia Pustama Utama.
Santoso, Benny. 2006. All About MLM: Memahami Lebih Jauh MLM dan Pernak-Perniknya. Yogyakarta : Andi Offset.
Soraya, D.A., Amin Suyitno, & Sukestiyarno. Pembentukan Karakter dan Komunikasi Matematis Melalui Model TTW Berbantuan Scaffolding. Unnes Journal Mathematics Education 3(1) : 21-28. Tersedia di http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme/article/view/3432/3099
Suherman, E. dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Malang: JICA.
Warsita, Bambang. 2011. Pendidikan Jarak Jauh : Perancangan, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi Diklat. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>