Realistic Mathematics Education in Algebra Operations in The Seventh Class of MTs Daarussa'adah Ciganjur South Jakarta Pembelajaran Matematika Realistik pada Materi Operasi Aljabar di Kelas VII MTs Daarussa’adah Ciganjur Jakarta Selatan Section Articles

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Rahmawati Yuliyani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika realistik yang baik untuk pokok bahasan Aljabar di kelas VII MTs.Daarussa’adah, mendeskripsikan keefektifan PMR dalam pembelajaran matematika untuk pokok bahasan Aljabar di kelas VII MTs.Daarussa’adah serta untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang mengikuti PMR lebih baik daripada hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran matematika konvensional untuk pokok bahasan Aljabar di kelas VII SLTP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan dari perangkat yang sudah ada menggunakan model 4D-Thiagarajan yang dimodifikasi.kemudian perangkat divalidasi oleh tim ahli dan diujicobakan dikelas ujicoba,yaitu klas VII-1 untuk mendapatkan draft final dimana draft ini harus memenuhi syarat valid, reliable dan peka. Kemudian draft final digunakan untuk kelas eksperimen, yaitu VII-4. Kelas kontrol, diajar dengan metode konvensional. Sedangkan kelas Ujicoba dan kelas eksperimen diberikan metode PMR. Hasil dari eksperimen ini nantinya akan dianalisis secara deskriptif yaitu tentang aktivitas siswa dikelas, kemampuan guru mengelola kelas dan respon siswa terhadap pembelajaran. Data pretest-postes akan dianalisis dengan anakova. Penelitian ini sendiri saat ini masih sedang berlangsung sehingga belum mendapatkan hasil dari eksperimen.


 


These research aims to produce a good Realistic Mathematic Education (RME) device for Algebra sub topic in VIIth class of MTs.Daarussa’adah, to describe the effectiveness of RME for Algebra sub topic in VIIth class of MTs.Daarussa’adah, and find out if the learning outcomes of student who take the learning to the RME better than the student who take mathematics to materials conventionally algebraic subtopics in VIIth  class. The method which use in these research is development method from the device before by using 4D­Thiagarajan models which have been modified. Then the device will validate by profesional team and have trial in trial class, that is VII­1 class.To get final draft which one the draft is valid, reliable and sensitive qualified. And then final draft is used for the experiment class (VII­4). The control class is theached with conventional method. The trial class and experiment class is given RME method. The outcomes of these experiment will be analized descriptively about student activity in classroom, the theacher ability to manage of class and student respon for the learning. Data of pretest­postest will be analized by anakova. These research is still going for just moment so we will don’t know about the result yet.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Yuliyani, R. (2017). Realistic Mathematics Education in Algebra Operations in The Seventh Class of MTs Daarussa’adah Ciganjur South Jakarta. Unnes Journal of Mathematics Education, 6(1), 112 - 120. https://doi.org/10.15294/ujme.v6i1.13062

References

Abdurrahman (2002) “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Penemuan Terbimbing pada Topik Bangun-bangun Segiempat di Kelas 2 SLTP Negeri 16 Pekanbaru”. Makalah Komprehensif. Surabaya: PPs Universitas Negeri Surabaya.
Alhaddad, S.F (2002) “Pembelajaran Matematika Realistik Pokok Bahasan Pecahan di SD Muhammadiyah 4 Surabaya.” Tesis Magister Pendidikan. Surabaya: PPs Universitas Negeri Surabaya.
Fauzi, K.M.S (2002) “Pembelajaran Matematika Realistik pada Pokok Bahasan Pembagian di SD.” Tesis magister Pendidikan. Surabaya: PPs Universitas Negeri Surabaya.
Haji, Saleh (2005) “Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar” S3 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia. Diakses 1 September 2016
Harjanto (2002) “Perencanaan Pengajaran”. Jakarta: Rineka Cipta.
Hasratuddin (2002) “Pembelajaran Matematika Unit Geometri dengan Pendekatan Realistik di SLTP 6 Medan.” Tesis Magister Pendidikan. Surabaya: PPs Universitas Negeri Surabaya.
Herlina, E. (2003). “Pembelajaran Matematika Realistik pada Materi Luas di Kelas IV MI.” Tesis Magister Pendidikan. Surabaya: PPs Universitas Negeri Surabaya.
Hidayat Taufik (2016).“Penerapan Model Pembelajaran Matematika Realistik (RME) Dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar”.artikel. https://taufikhidayat93.blogspot.co.id/2016/04/penerapan-model-pembelajaran-matematika.html. Diakses tanggal 1 oktober 2016.
Nur, M., dan P.R. Wikandari. (2000) “Pengajaran Berpusat kepada Siswa dan Pendekatan Kontruktivis dalam Pengajaran.” Pusat Studi MIPA Unesa. UNESA Surabaya.
Sabardin. (2004) “Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan Matematika Realistik untuk Topik Persegipanjang dan Persegi di Kelas 1 SMP Negeri 5 Bau-bau Sulawesi Tenggara.” Tesis Magister Pendidikan. Surabaya: PPs Universitas Negeri Surabaya.
Saifuddin Azwar, (2000). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suharta, I Gusti Putu. (2006). “Matematika Realistik: Apa dan Bagaimana?”. www.depdiknas.go.id /jurnal/38/Matematika% 20 Realistik.htm. Diakses 10 Agustus 2016
Suryabrata, Sumadi. (2004). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.
Sutarto Hadi, (2010). “A decade of PMRI in Indonesia”. APS BElanda
U.S, Supardi (2012). “Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika ditinjau dari Motivasi Belajar”. Jurnal Cakrawala Pendidikan, Juni 2012, Th. XXXI, No. 2. journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/download/1560/pdf. Diakses 20 Agustus 2016.
Zulkardi. (2003). “How to Design Mathematics lessons based on the Realistic Approach”. www.geocities .com/ratuilmu.co.id. diakses 10 Agustus 2017
Thiagarajan, S. Semmel, DS. Semmel, M. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. A Sourse Book. Blomingtn: Central for Innovation on Teaching The Handicapped.