Mathematics Learning Assisted by GeoGebra Software to Improve SMK Student’s Spatial Ability and Mathematical Communication Pembelajaran Matematika Berbantuan Software Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial dan Komunikasi Matematis Siswa SMK Section Articles

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ricki Yuliardi
Casnan Casnan

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan pembelajaran Computer Assisted Instruction (CAI) Berbantuan Software GeoGebra  terhadap kemampuan spasial dan kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi transformasi Geometri. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMKN 3 Kuningan tahun pelajaran 2013/2014. Pemilihan sampel dengan cara purposed random sampling, pada pemilihan sampel diperoleh siswa XI-TSM 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-TSM 4 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diajar dengan pembelajaran Computer Assisted Instruction (CAI) Berbantuan Software GeoGebra, sedangkan kelas kontrol diajar dengan pembelajaran ekspositori. Pengambilan data diperoleh dengan hasil pretest dan postest untuk mendapatkan data nilai kemampuan spasial dan kemampuan komunikasi matematis siswa yang kemudian dianalisis dengan uji perbedaan rata-rata. Hasil penelitian adalah (1) Peningkatan kemampuan spasial siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. (2) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. (3) Terdapat korelasi yang positif antara kemampuan spasial dan kemampuan komunikasi matematis.


 


The purpose of this study to determine the effectiveness of study Computer Assisted Instruction (CAI) aided software GeoGebra on spatial ability and mathematical communication skills of students in the material transformation of Geometry. The population in this study is class XI student of SMKN 3 Kuningan in the academic year 2014/2015. Election purposed sample by random sampling, sample obtained by the students XI-2 as the experimental class TSM and TSM class XI-4 as the control class. Experimental class taught by CAI aided Software GeoGebra, while the control class was taught by expository. Data obtained with the results of the pretest and posttest then analyzed with the average difference. The results are:(1) Improvement of spatial ability students experimental class is better than the control class.(2)The increase in students' mathematical communication skills experimental class is better than the control class.(3)There is a positive correlation between spatial ability and mathematical communication skills.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Yuliardi, R., & Casnan, C. (2017). Mathematics Learning Assisted by GeoGebra Software to Improve SMK Student’s Spatial Ability and Mathematical Communication. Unnes Journal of Mathematics Education, 6(1), 121 - 127. https://doi.org/10.15294/ujme.v6i1.13063

References

Armstrong, Thomas. (2009). Multiple intelligences in the classroom. ASCD product. ISBN 978-1-4166-0789-2.
Bogue, B & R. Marra. (2003). Visual Spatial Skills. AWE Research Overview Suite.
Dahlan, J.A, Kusumah, Y.S., Sutarno, H. (2009). Pengembangan Model Computer Based E-Learning untuk Meningkatkan Kemampuan High-Order Mathematical Thinking Siswa SMA. Penelitian Hibah Bersaing Perguruan Tinggi. Universitas Pendidikan Indonesia: Dikti.
Maier, Peter Herbert. (1998). Spatial Geometry and Spatial Ability - How To Make a Solid Geometri Solid. Dalam Annual Conference of Didactic of Mathematics 1996. Osnabrueck : University of Osnabrueck. h. 63-75.
Ruseffendi, E.T. (2005). Dasar-dasar Penelitian Pendidikan & Bidang Non-Eksakta Lainnya. Bandung : Tarsito
Siswanto, E. (2011). Pengaruh Penggunaan Software Cabri 3D V2 Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri Dimensi Tiga dan Motivasi Siswa SMA. Tesis Program Pascasarjana. Universitas Pendidikan Indonesia.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
TIMSS. (2011). International Students Achievement In Mathematics. [Online]. Tersedia: http://timssandpirls.bc.edu/timss2011/international-results-mathematics.html. [9 Januari 2013].
Turmudi. (2008). Landasan Filsafat dan Teori Pembelajaran Matematika (Berparadigma Eksploratif dan Ivestigatif). Jakarta: Leuser Cita Pustaka.
Vigotsky, L.S (1978). Mind in Society : the Development of Higher Psycological Procesess.Cambrigde, M.A : Harvard University Press.
Yuliardi, Ricki. (2010). Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Komputer Tipe Drill Untuk Meningkatkan Kemampuan Spatial Sense Siswa SMP Dalam Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Skripsi FPMIPA. Universitas Pendidikan Indonesia.