KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MODEL DESIGNED STUDENT-CENTERED INSTRUCTIONAL TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI PESERTA DIDIK

Main Article Content

Ajeng Alisa Narulita
Mulyono Multono
Sunarmi Sunarmi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) apakah kemampuan representasi matematika peserta didik kelas VIII yang diberi pembelajaran dengan model Designed Student-Centered Instructional (DSCI) pada mencapai ketuntasan belajar atau tidakdan (2) apakah kemampuan representasi matematika peserta didik kelas VIII yang diberi pembelajaran dengan model DSCI lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran dengan model ekspositori. Hal tersebut yang akan menentukan apakah model DSCI efektif digunakan dalam meningkatkan kemampuan representasi matematika atau tidak.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan populasi seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Cilacap tahun ajaran 2012/2013. Sampel diambil secara acak melalui teknik area (cluster) sampling sehingga diperoleh kelas VIII A sebagai kelompok eksperimen dan dan kelas VIII B sebagai kelompok kontrol. Setelah dilakukan penelitian diperoleh simpulan bahwa (1) rata-rata kemampuan representasi peserta didik kelas VIII yang diberi pembelajaran dengan model DSCI mencapai ketuntasan belajar dan (2) rata-rata kemampuan representasi peserta didik kelas VIII yang diberi pembelajaran dengan model DSCI lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran dengan model ekspositori.

Article Details

How to Cite
Narulita, A., Multono, M., & Sunarmi, S. (2013). KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MODEL DESIGNED STUDENT-CENTERED INSTRUCTIONAL TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI PESERTA DIDIK. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(3). https://doi.org/10.15294/ujme.v2i3.3446
Section
Articles
Author Biographies

Ajeng Alisa Narulita, Semarang State University

Mathematics departement

Mulyono Multono, Semarang State University

Mathematics departement

Sunarmi Sunarmi, Semarang State University

Mathematics departement

References

Amin, M. 2007. Pembelajaran Sains Kontekstual Melalui Hands On Activity. Online.Diunduh di http://lubisgrafura.wordpress.com/2007/09/09 tanggal 6 Mei 2012.

Dimyati & Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hudiono, B. 2010b.Peran Pembelajaran Diskursus Multi Representasi terhadap Pengembangan Kemampuan Matematika dan Daya Representasi pada Siswa SLTP.Jurnal Cakrawala Kependidikan Vol. 8 No. 2: 101-203.Diunduh di http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jckrw/article/view/156 tanggal 3 Maret 2013.

Hudojo, H. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: UM Press.

Jones, L. 2007. The Student-Centered Classroom. New York: Cambridge University Press. Online.Diunduh di http://www.cambridge.org/other_files/downloads/esl/booklets Jones-Student-Centered.pdf tanggal 21 Januari 2013.

Kartini.2009. Peranan Representasi dalam Pembelajaran Matematika.Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Diunduh di eprints.uny.ac.id/7036/1/P22-Kartini.pdf.tanggal 30 Januari 2013.

Kartono. 2010. Hands-on Activity pada Pembelajaran Geometri Sekolah sebagai Asesmen Kinerja Peserta Didik. Jurnal Kreano Vol. 1 No. 1.Diunduh di http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano/article/view/219/228. tanggal 20 Mei 2012.

Lowacore. 2011. Charecteristic of Effective Instruction Student-Centered Clasroom. Online.Diunduh di http://www.aea11.k12.ia.us/educators/ICC/documents/2011_ Summer/ student/classroom_brief.pdf.tanggal 28 Januari 2013.

National Council of Teacher of Mathematics (NCTM). 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston VA: NCTM. Online.Diunduh di standards.nctm.org.tanggal 9 Maret 2011.

Rahayu, S. 2011. Pemanfaatan ICT dalam Proses Merancang dan Mengimplementasikan Model Pembelajaran Inovatif Designed Student-Centered Instructional (DSCI).Online. Diunduh di http://blog.tp.ac.id/pemanfaatan-ict-dalam-proses-merancang-dan-mengimplementasikan-model-pembelajaran-inovatif-designed-student-centred-instructional-dsci.tanggal 28 Januari 2013.

Sugiarto. 2009. Bahan Ajar Workshop Pendidikan Matematika I. Semarang: Jurusan Matematika UNNES.

Wardhani. S. 2008. Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs untuk Optimalisasi Tujuan Mata Pelajaran Matematika. Online. Diunduh di http://p4tkmatematika.org/file/PRODUK/PAKET%20FASILITASI/ SMP/Analisis%20SI%20dan%20SKL%20Matematika%20SMP.pdf. tanggal 02 Juni 2013.

Yazid, A. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Kooperatif dengan Strategi TTW (Think- Talk- Write) pada Materi Volume Bangun Ruang Sisi Datar. Journal of Primary Educational Vol. 1 No.1.Diunduh di http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/view/52.tanggal 24 Oktober 2012.