KEEFEKTIFAN BRAIN BASED LEARNING BERBASIS KINERJA PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MATERI DIMENSI TIGA MA KELAS-X

Main Article Content

Findasari Findasari Findasari

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui keefektifan penerapan Brain Based Learning berbasis kinerja proyek terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik materi dimensi tiga. Jenis penelitan adalah pra-eksperimen dengan randomized control group only design yang akan diberlakukan pada dua kelas sampel dan mengambil peserta didik kelas X MA NU Banat sebagai populasi. Kelas eksperimen diberi perlakuan berupa pembelajaran dengan menggunakan Brain Based Learning berbasis kinerja proyek dan kelas kontrol berupa pembelajaran ekspositori. Data dikumpulkan melalui dokumentasi dan tes komunikasi matematis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) hasil tes komunikasi matematis peserta didik pada kelas eksperimen telah mencapai KKM individual, 2) hasil tes komunikasi matematis peserta didik pada kelas eksperimen belum mencapai KKM klasikal, 3) rata-rata nilai tes komunikasi matematis peserta didik yang dikenai pembelajaran dengan menggunakan Brain Based Learning berbasis kinerja proyek lebih baik daripada peserta didik yang dikenai pembelajaran ekspositori.

Article Details

How to Cite
Findasari, F. (2014). KEEFEKTIFAN BRAIN BASED LEARNING BERBASIS KINERJA PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MATERI DIMENSI TIGA MA KELAS-X. Unnes Journal of Mathematics Education, 3(2). https://doi.org/10.15294/ujme.v3i2.4472
Section
Articles
Author Biography

Findasari Findasari Findasari, Semarang State University

Mathematics Departement

References

Clark, K.K., et al. 2005. Strategies for Building Mathematical Communication in the Middle School Classroom: Modeled in Professional Development, Implemented in the Classroom. Current Issues in Middle Level Education vol. 11(2), 1-12.
Depdiknas. 2007. Standar Isi. Disajikan di http://www.bsnpindonesia. org/files/StandarIsi.pdf. Diakses tanggal 15 Desember 2012.
Jihad, A. 2008. Pengembangan Kurikulum Matematika. Bandung: Multi Pressindo.
Kemdiknas. 2011. Laporan Hasil Ujian Nasional SMA/MA Tahun pelajaran 2010/2011. Jakarta: BSNP
Kemdikbud. 2012. Laporan Hasil Ujian Nasional SMA/MA Tahun pelajaran 2011/2012. Jakarta: BSNP
Kusuma, D.A. 2009. Meningkatkan kemampuan komunikasi matematik dengan menggunakan metode inkuiri. Tersedia di http://pustaka.unpad.ac.id/ wp-content/ uploads/ 2009/06/ meningkatkan_kemampuan_komunikasi_ matematik .pdf [diakses 26-07-2013].
Mahmudi, A. 2009. Komunikasi dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal MIPMIPA UNHALU, Volume 8, Nomor 1, Februari 2009, ISSN 1412-2318.
Nazir, M. 2009. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston: NCTM.