KEEFEKTIFAN SOFTWARE GEOMETER’S SKETCHPAD DALAM PEMBELAJARAN MODEL PASID TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Khalid Zulfikar Dewantoro

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan software Geometer’s Sketchpad (GSP) dalam pembelajaran model PASID (Pembelajaran Analitik Sintetik Intervensi Divergen) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP PGRI 01 Semarang tahun pelajaran 2012/2013. Desain penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Dari delapan kelas dipilih dua kelas yaitu VII F sebagai kelas eksperimen I yang diterapkan software GSP dalam pembelajaran model PASID, kelas VII E sebagai kelas eksperimen II yang diterapkan pembelajaran model PASID.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada aspek kemampuan pemecahan masalah menggunakan software GSP dalam pembelajaran model PASID mencapai ketuntasan klasikal, persentase hasil belajar siswa pada aspek kemampuan pemecahan masalah pada kelas eksperimen I sama dengan kelas eksperimen II , rata-rata hasil belajar siswa pada aspek kemampuan pemecahan masalah pada kelas eksperimen I lebih baik dari kelas eksperimen II. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan software GSP dalam pembelajaran model PASID efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biography

Khalid Zulfikar Dewantoro, Semarang State University

Mathematics Departement
How to Cite
Dewantoro, K. (2014). KEEFEKTIFAN SOFTWARE GEOMETER’S SKETCHPAD DALAM PEMBELAJARAN MODEL PASID TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA. Unnes Journal of Mathematics Education, 3(2). https://doi.org/10.15294/ujme.v3i2.4474

References

Arikunto, S. 2006. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
BSNP. 2012. Laporan Hasil Ujian Nasional SMP/ MTs Tahun Pelajaran 2011-2012. Jakarta: BSNP.
Depdiknas. 2007. Model-model Pembelajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Luar Biasa.
Herrington, A, Jan. H, Len. S & R. Oliver. 1998. Learning to Teach and Assess Mathematics Using Multimedia: A Teacher Development Project. Journal of Mathematics Teacher Education 1: 89-112.
Mulyana, Tatang.2008. Pembelajaran Analitik Sintetik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematika Siswa SMA.Disertasi. Tersedia di http://repository.upi.edu [diakses 20 Mei 2012].
Sugiarto. 2009. Workshop Pendidikan Matematika 1. Semarang: Jurusan Matematika FMIPA UNNES.
Suherman. E, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Sujono, 1988. Pengajaran Matematika Untuk Sekolah Menengah. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Suyatno. 2009. Model Pembelajaran Inovatif. Surabaya : Masmedia Buana Pustaka.
Syamsuduha, D. 2011. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Program Geometer’s Sketchpad terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa SMP. Buliding The Nation Character through Humanistic Mathematic Education. Yogjakarta: Universitas Negeri Yogjakarta.