STUDI KOMPARASI PEMBELAJARAN NOVICK DAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN SPASIAL SISWA KELAS VIII MATERI GEOMETRI

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Dian Nailis Suroyya
Rochmad Rochmad

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah apakah rata-rata kemampuan spasial siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Novick lebih baik dari rata-rata kemampuan spasial siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Direct Instruction, mengetahui apakah rata-rata kemampuan spasial siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Group Investigation lebih baik dari rata-rata kemampuan spasial siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Direct Instruction, mengetahui apakah rata-rata kemampuan spasial siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Novick lebih baik dari rata-rata kemampuan spasial siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Group Investigation, dan mengetahui apakah peningkatan kemampuan spasial siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Novick lebih baik dari peningkatan kemampuan spasial siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Group Investigation. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs N 1 Kudus tahun pelajaran 2013/2014. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Data diperoleh melalui metode tes dan data dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan spasial siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Novick dan rata-rata kemampuan spasial siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Group Investigation lebih baik dari rata-rata kemampuan spasial siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Direct Instruction, rata-rata kemampuan spasial siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Novick kurang dari atau sama dengan kemampuan rata-rata kemampuan spasial siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Group Investigation, dan peningkatan kemampuan spasial siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Novick kurang dari atau sama dengan peningkatan kemampuan spasial siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Group Investigation.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Suroyya, D., & Rochmad, R. (2015). STUDI KOMPARASI PEMBELAJARAN NOVICK DAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN SPASIAL SISWA KELAS VIII MATERI GEOMETRI. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(1). https://doi.org/10.15294/ujme.v4i1.7448

References

Chairani, Z. 2013. Implikasi Teori Van Hielle dalam Pembelajaran Geometri. Lentera Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8 (1): 20-29.

Giaquinto, M. 2007. Visual Thinking in Mathematics - An Epistemological Study. New York: Oxford University Press.

Hannafin, R. D., P. T. Mary, R. V. Jennifer & L. Yingjie. 2008. Effects of Spatial Ability and Instructional Program on Geometry Achievement. Connecticut: University of Connecticut.

Hudojo, H. 2003. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang.

Maier, P. H. 1998. Spatial Geometry and Spatial Ability – How to Make Solid Geometry Solid?. Makalah dipresentasikan pada The Annual Conference of Didactics of Mathematics, Osnabrueck. Tersedia di http://www.fmd.uni-osnabrueck.de/ebooks/gdm/PapersPdf1996/Maier.pdf [diakses 12-02-2014].

National Academy of Science. 2006. Learning to Think Spatially. Washington DC: The National Acamedimcs Press. Tersedia dihttp://www.nap.edu/catalog/11019.html [diakses 20-02-2014].

Newcombe, N. S. 2010. Increasing Math and Science Learning by Improving Spatial Thinking. The Summer 2010 issue of American Educator. pp. 29-43. Tersedia di http://files.eric.ed.gov/
fulltext/EJ889152.pdf [diakses 20-02-2014].

Posner, G. J. et al. 1982. Accommodation of a Scientific Conception: Toward a Theory of Conceptual Change. New York: Department of Education Cornell Univerity.

Rahmawati, Y., Prayitno, B. A. & Indrowati, M. 2010. Studi Kompaarasi Tingkat Miskonsepsi Siswa pada Pembelajaran Biologi melalui Model Pembelajaran Kontruktivisme dan Kontruktivi-Kolaboratif. Prosiding Seminar Nasional X Pendidikan Biologi. Solo: Universitas Negeri Sebelas Maret.

Saad, N. S. 2008. Teaching Mathematics in Secondary Schools: Theories and Practices. Perak: Universitas Pendidikan Sultan Idris.

Slavin, R. E. 2010. Cooperative Learning: Teori, Riset da Praktik. Bandung: Nusa Media.

Suherman, E. et al. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Jurusan Matematika FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia.

Sulaiman, N. 2012. Efektivitas Model Pembelajaran Novick dalam Pembelajaran Kimia Kelas XII IA 2 SMAN 1 Donri-Donri. Chemica, 13(2): 67-73.

Suyitno, A. 2011. Dasar-dasar dan Proses Pembelajaran Matematika 1. Semarang : Jurusan Matematika FMIPA Unnes.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Surabaya: Prestasi Pustaka.