KEEFEKTIFAN GUIDED DISCOVERY BERBANTUAN SMART STICKER TERHADAP RASA INGIN TAHU DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Anisa Nur Afrida
Sugiarto Sugiarto
Edy Soedjoko

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model guided discovery berbantuan smart sticker terhadap rasa ingin tahu siswa dan kemampuan berpikir kritis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Slawi tahun pelajaran 2014/2015. Dengan menggunakan teknik random sampling terpilih dua kelas sampel yaitu kelas VII 5 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model discovery learning berbantuan resitasi dan kelas VII 4 sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran ekspositori. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan metode dokumentasi, tes , angket dan observasi. Analisis data akhir dilakukan dengan: (1) Uji z, untuk menguji ketuntasan klasikal; 2) Uji t perbedaan rata-rata, untuk menguji perbedaan kemampuan berpikir kritis antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dan (3) Uji t perbedaan rata-rata, untuk menguji perbedaan rasa ingin tahu antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guided discovery berbantuan smart sticker efektif terhadap rasa ingin tahu dan kemampuan berpikir, karena siswa kelas eksperimen telah mencapai ketuntasan klasikal; dan kemampuan berpikir kritis dan rasa ingin tahu siswa siswa pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Afrida, A., Sugiarto, S., & Soedjoko, E. (2015). KEEFEKTIFAN GUIDED DISCOVERY BERBANTUAN SMART STICKER TERHADAP RASA INGIN TAHU DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(2). https://doi.org/10.15294/ujme.v4i2.7449

References

Alfieri, Louis. 2011. Does Discovery-Based Instruction Enhance Learning?.Journal of Educational Psychology American Psychological Association Vol. 103, No. 1, 1–18

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2012. Panduan Pemanfaatan Hasil Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2011/2012 untuk Perbaikan Mutu Pendidikan. Jakarta: Balitbang Kemdikbud.

Bailin, S. 1987. Critical and Creative Thinking. Informal Logic, 9(1): 23-30

Hamalik, Oemar. (2002). Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara

Hoque,Rezal.2013. Effect of Reinforcement on Teaching – Learning Process. IOSR Journal Of Humanities And Social Science Vol.7 No. 1

Illahi, Mohammad Takdir.2012. Pembelajaran Discovery Strategi dan Mental Vocational skill. Yogjakarta : DIVA PRESS

Isnarto.2014. Implementasi Guided Discovery Learning Dengan Pendekatan MRP TASK Dalam Perkuliahan Struktur Aljabar. Makalah disajikan pada Seminar Nasional Sains dan Pendidikan Sains di Salatiga 21 Juni 2014.

Kemendiknas.2011. Pendidikan Nilai-nilai Budaya Dan Karakter Bangsa Dalam Pembelajaran Matematika di SMP. Jogjakarta: Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan

Lunney et al.2008.Facilitating Critical Thinking Through Online Cource. Journal of Asynchronous Learning Networks, Volume 12: Issue 3-4

Maslichah.2013. Pemberian Penguatan (Reinforcement) dalam Pembelajaran Matematika pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di Kelas VIII SMP Al-Azhar Menganti Gresik. Jurnal UNESA Vol.2 No.1.

OECD. 2013. Indonesia Students performance (PISA 2012). Diakses pada tanggal 23 Februari 2015 dari http://gpseducation.oecd.org.

Permendikbud. 2013. Implementasi Kurikulum .Jakarta: Depdikbud.

Purwanto, Candra Eko. 2013 . Penerapan Model Guided Discovery Pada Materi Pemantulan Cahaya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Unnes Physics Education Jurnal . Tersedia: http://journal.unnes.ac.id/stu/index.php/upej Diakses pada 1 Desember 2014.

Rolitasari et al. 2014 . Kefektifan Model GDI Berbantuan SMB Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII. Unnes Mathematics Education Jurnal . Tersedia: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme/article/view/4485/4139 . Diakses pada 25 Mei 2015

Yusmanah. 2012. Pembelajaran dengan Metode Guided Inquiry untuk Mengembangkan Rasa Ingin Tahu dan Keterampilan Komunikasi Siswa. Skripsi. Pontianak: PGSD Universitas Tanjung Pura Pontianak.