KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VII

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Supriyanti Supriyanti
Zaenuri Mastur
Sugiman Sugiman

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pembelajaran dengan model ARIAS berbasis etnomatematika terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Slawi tahun pelajaran 2014/2015. Dengan teknik cluster random sampling, terpilih kelas VII-9 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-8 sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan untuk memperoleh data yaitu dokumentasi, tes, angket, dan observasi. Data dianalisis menggunakan uji proporsi, uji beda dua rata-rata, dan regresi linear ganda. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar dengan model pembelajaran ARIAS berbasis etnomatematika tuntas, kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar dengan model pembelajaran ekspositori tuntas, rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran menggunakan model ARIAS berbasis etnomatematika lebih baik dari rata-rata kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran menggunakan model ekspositori, keterampilan proses siswa dan sikap cinta budaya lokal siswa secara bersama berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Jadi disimpulkan bahwa model pembelajaran ARIAS berbasis etnomatematika efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Supriyanti, S., Mastur, Z., & Sugiman, S. (2015). KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VII. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(2). https://doi.org/10.15294/ujme.v4i2.7453

References

Indriastuti, T., S. B. Waluya, & B. Urarso. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Konstruktivisme Berbasis Humanistik dengan Metode Two Stay Two Stray Berbantuan CD Interaktif pada Materi Geometri Dimensi Dua Kelas X. Aksioma, 3(1). Tersedia di http://e-jurnal.upgrismg.ac.id/index.php/aksio ma/download/229/200 [diakses 22-04-2015].

Mullis, I. V. S., M. O. Martin & P. Foy. 2012. TIMSS 2011 International Results in Mathematics. USA: TIMSS & PIRLS International Study Center.

Muzaki, F. I. 2010. Pengaruh Kreativitas Dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Kemampuan Siswa Memecahkan Masalah Matematika di dalam Model Pembelajaran Problem Solving Pada Materi Pokok Perbandingan Kelas VII di SMP Muhammadiyah I Kota Tegal Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematic . Reston, VA: Author.

Noto. 2011. Efektivitas Pembelajaran Matematika Model Kooperatif Teams Games Tournament (TGT) Kelas VII SMP Islam Kota Pekalongan Tahun Ajaran 2009/2010. Pena Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, 20(2): 167- 179. Tersedia di http://unikal.ac.id [diakses 22-04-2015].

OECD. 2013. PISA 2012 Results in Focus: What 15­years­old know and what they can do with what they know. Tersedia di http://www.oecd.org/pisa/keyfindings /pisa-2012-results-overview.pdf [diakses 02-01-2015].

Prastowo, A. 2013. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Rahman, M. & S. Amri. 2014. Model Pembelajaran ARIAS Terintegratif dalam Teori dan Praktek untuk Menunjang Penerapan Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Santosa, N., S. B. Waluya, & Sukestiyarno. 2013. Kemampuan Masalah pada Pembelajaran Matematika dengan Strategi Master dan Penerapan Scaffolding. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 2(2): 70-75.

Sardjiyo. 2005. Pembelajaran Berbasis Budaya: Model Inovasi Pembelajaran dan Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jurnal Pendidikan, 6(2): 83-98.

Sthywati, P. 2011. Penerapan Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment dan Satisfaction) untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa. Skripsi. Jakarta: FITK Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Wahyuni, A., A. A. W. Tias, & B. Sani. 2013. Peran Etnomatematika dalam Membangun Karakter Bangsa. Prosiding Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY. Yoyakarya: Universitas Negeri Yogyakarta.

Widiyanti, T. 2011. Pengaruh Gaya Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Wulandari, A. 2013. Keefektifan Pembelajaran ARIAS Berbantuan Alat Peraga Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII Materi Segiempat. Skripsi. Semarang: FMIPA Universitas Negeri Semarang.