KEEFEKTIFAN MODEL PBL DENGAN MIND MAP MELALUI HANDS ON ACTIVITY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA

Main Article Content

Istika Ramadhani
Scolastika Mariani
St. Budi Waluya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran model PBL dengan mind map melalui hands on activity terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 7 Semarang Tahun Ajaran 2014/2015. Pemilihan sampel dengan menggunakan cluster random sampling, diperoleh siswa kelas VII G sebagai kelas eksperimen1, kelas VII E sebagai kelas eksperimen 2, dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen 1 diberikan pembelajaran model PBL dengan mind map melalui hands on activity, kelas eksperimen 2 diberikan pembelajaran model PBL dengan mind map, dan kelas kontrol diberikan pembelajaran model ekspositori. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kreatif dan lembar pengamatan aktivitas siswa. Data dianalisis dengan uji proporsi, uji beda rata dengan anava, uji lanjut LSD, dan uji regresi. Hasil penelitian adalah (1) kemampuan berpikir kreatif siswa pada kelas eksperimen 1 dapat mencapai kriteria ketuntasan belajar; (2) kemampuan berpikir kreatif siswa pada kelas eksperimen 2 dapat mencapai kriteria ketuntasan belajar; (3) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif antara siswa pada kelas eksperimen 1, eksperimen 2, dan kelas kontrol. (4) terdapat pengaruh positif dari aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen 1 terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa

Article Details

How to Cite
Ramadhani, I., Mariani, S., & Waluya, S. B. (2015). KEEFEKTIFAN MODEL PBL DENGAN MIND MAP MELALUI HANDS ON ACTIVITY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(2). https://doi.org/10.15294/ujme.v4i2.7602
Section
Articles

References

Akinoglu, O. & R. O. Tandogan. 2007. The Effects of Problem-Based Active Learning in Science Education on Student’s Academic Achievement, Attitude and Concept Learning. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, Vol 3(1): 71-81. Tersedia di http://www.ejmste.com/ [diakses 03-01-2015].

Depdiknas. 2006. Tentang Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Depdiknas.

Dwijanto. 2007. Pengaruh Pembelajaran BerbasisMasalah Berbantuan Komputer TerhadapPencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah danBerpikir Kreatif tematik Mahasiswa. Disertasi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Kartono. 2010. Hands On Activity Pada Pembelajaran Geometri Sekolah Sebagai Asesmen Kinerja Siswa. Jurnal Matematika Kreatif Inovatif, 1(1): 21-32.

Khoiri, W. 2013. Implementasi Model Problem Based Learning Berbantuan Multimedia Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Kudus Pada Materi Segitiga. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Munandar, U. 2012. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Mujahidin. 2011. Penerapan Model Mind Mapping (Peta Pikiran) dengan Metode Partisipatori Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Sub Pokok Bahasan Barisan dan Deret Aritmatika Pada Siswa Kelas XI AP2 Semester I SMK Teuku Umar Semarang Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi. Semarang: IKIP PGRI Semarang.

Peraturan Pemerintah Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Departeman Pendidikan Nasional

Rifa’i, Achmad & C. T. Anni. 2011. Psikologi Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.

Temur, Ozlem Dogan. 2012. Analysis of Prospective Classroom Theachers’ Teaching of Mathematical Modeling and Problem Solving. Eurasia Journal of mathematics, Science and Technology Education. 8(2): 83-93.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departeman Pendidikan Nasional.

Wulandari, N. 2014. Keefektifan Pembelajaran CIRC dengan Pendekatan Open-Ended terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII Materi Kubus-Balok. UJME. ISSN 2252-6927. Vol 3(3).

Zannah, L. N. 2012. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Regulated Learning Melalui Pendekatan Problem Centered Learning dengan Hands on Activity. Tesis. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.