ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII DENGAN PEMBELAJARAN MODEL 4K DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Lilyan Rifqiyana
Masrukan Masrukan
Bambang Eko Susilo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII dengan pembelajaran model 4K ditinjau dari gaya kognitif field dependent (FD) dan field independent (FI). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII I SMP Negeri 3 Kudus. Teknik pengumpulan data menggunakan Group Embedded Figures Test (GEFT), tes kemampuan berpikir kritis dan wawancara. Analisis tes kemampuan berpikir kritis mengacu pada indikator-indikator kemampuan berpikir kritis menurut Ennis (2011) yang telah ditentukan oleh peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) jumlah siswa dengan gaya kognitif FD lebih banyak daripada jumlah siswa dengan gaya kognitif FI, (2) deskripsi kemampuan berpikir kritis siswa dengan gaya kognitif FD dan gaya kognitif FI dari kelompok kuat dan kelompok lemah, (3)  siswa dari kelompok kuat lebih baik daripada siswa dari kelompok lemah pada gaya kognitif FD dan FI.

The objective of the research is to describe the critical thinking abilities of students in Junior High School grade 8th using 4K learning model based on the field dependent (FD) and field independent (FI) cognitive style. The subject of this research is students of SMP N 3 Kudus grade 8th-I. The techniques to collecting data of this research are Group Embedded Figures Test (GEFT), critical thinking abilities test and interviews. The analysis of critical thinking abilities test based on the indicators of critical thinking abilities according to Ennis (2011) that is determined by the reseacher. The result of this research indicates that: (1) the number of FD students bigger than the number of FI students, (2) a description of critical thinking abilities of the FD and FI student from the strong group and the weak group, (3) the student from the strong group is better than the students from the weak group for FI and FD cognitive style.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Rifqiyana, L., Masrukan, M., & Susilo, B. (2016). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII DENGAN PEMBELAJARAN MODEL 4K DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(1). https://doi.org/10.15294/ujme.v5i1.8608

References

BSNP. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SMP/MTs. Jakarta
Emir, Serap. 2013. Contribusing of Teacher’s Thinking Styles to Critical Thinking Dispositions (Istanbul-Fatih Sample). Educational Sciences: Theory & Practice, 13(1): 337-347.
Ennis, Robert H. 2011. The Nature of Critical Thinking: Sn Outline of Critical Thinking Dispositions and Abilities. Online. Tersedia di http://faculty.education.illinois.edu/rhennis/documents/TheNatureofCriticalThinking_51711_000.pdf. Diakses 9-03-2015
Kemendikbud. 2013. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013: SMA Matematika. Jakarta: Kemendikbud.
Kurniasih, Ary W., 2013. Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dalam Mengembangkan Keterampilan Mengajar Mahasiswa Calon Guru. Prosiding Seminar Nasional Matematika 2013. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Masrukan & Rochmad. 2014. Teaching and Learning Mathematics Using Four-K Model at Junior High School. Artikel. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Masrukan, Rochmad, B.E. Susilo, & Suhito. 2014. Pengembangan Pembelajaran Matematika Bermuatan Pendidikan Karakter dan Ekonomi Kreatif Berbantuan Alat Peraga Barang Bekas dengan Asesmen Kinerja. Laporan Kemajuan Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Reta, I K. 2012 Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Artikel. Denpasar: Universitas Pendidikan Ganesha.
Rochmad. 2013. Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika 2013. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Saracho. O.N. 1997. Cognitive style in Early Childhood Education. London: Bergin and Garvey.
Setyawati, Rina D. 2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Problem Based Learning Berorientasi Enterpreneurship dan Berbantuan CD Interaktif. Prosiding Seminar Nasional Matematika 2013. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Ulya, Himatul. 2014. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika SMP Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Tesis. Universitas Negeri Semarang.
Witkin, dkk. 1971. A Manual For The Embedded Figure Test. California: Consulting Psychologist Press.