Abstract

Kemampuan berpikir kritis matematis (KBKM) merupakan salah satu aspek penting dalam pembelajaran matematika. Pembelajaran station learning berpendekatan metaphorical thinking, salah satu model pembelajaran yang dapat diterapakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa.Tujuan penelitian ini yaitu: (1) menguji keefektifan pembelajaran station learning berpendekatan metaphorical thinking terhadap kemampuan berpikir kritis matematis, (2) menganalisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian mixed method dengan explanatory sequential design. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIII. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran station learning berpendekatan metaphorical thinking efektif melalui uji ketuntasan diperoleh , uji beda rata-rata diperoleh , dan uji selisih beda rata-rata diperoleh  dengan  = 5%. Siswa dengan kemampuan berpikir kritis matematis tinggi pada tahap interpretasi, analisis, evaluasi, dan memecahkan masalah dilakukan dengan jelas dan lengkap, serta lebih detail. Sedangkan siswa dengan kemampuan berpikir kritis matematis rendah pada tahap interpretasi, analisis, evaluasi, dan memecahkan masalah dilakukan dengan kurang jelas dan tidak detail.