Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan:  (1) kemampuan awal  literasi matematika dan metakognisi siswa, (2) keefektifan pembelajaran CMP berbantuan OneNote Class NoteBook, dan 3) kemampuan literasi matematika ditinjau dari metakognisi siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian mixed methods concurrent embedded. Subjek  penelitian  ini adalah siswa  kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Ungaran. Teknik pengambilan data dengan menggunakan tes, wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji statistik banding dan uji peningkatan gain. Hasil penelitian diperoleh (1) kondisi awal literasi matematika siswa rata-rata berada pada level yang rendah yaitu level 1 dan 2 serta metakognisi rata-rata berada pada level aware use; (2) diperoleh keefektifan pembelajaran yang ditunjukkan dengan rata-rata kemampuan literasi matematika siswa kelas eksperimen yang sudah tuntas yaitu memperoleh nilai minimal 68 mencapai 90%, kemampuan literasi matematika kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol, peningkatan kemampuan literasi matematika kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol serta metakognisi siswa meningkat; dan (3) setelah  pembelajaran CMP berbantuan OneNote Class NoteBook, kondisi metakognisi siswa meningkat rata-rata berada pada level strategic use.  Kondisi literasi matematika siswa juga mengalami peningkatan pada level 3 ke atas sejalan dengan peningkatan metakognisinya.